FKIP Universitas Sriwijaya: Sejarah, Program Studi, dan Keunggulannya

No comments
Fkip universitas sriwijaya

FKIP Universitas Sriwijaya merupakan salah satu fakultas terkemuka di Sumatera Selatan yang mencetak para pendidik profesional dan berkualitas. Dengan sejarah panjang dan program studi yang beragam, FKIP Universitas Sriwijaya telah melahirkan banyak alumni yang berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Sejak berdiri, FKIP Universitas Sriwijaya terus berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Fasilitas dan sarana yang lengkap serta dukungan dari dosen berpengalaman menjadikan FKIP Universitas Sriwijaya sebagai pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin meniti karier di bidang pendidikan.

Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya

Fkip universitas sriwijaya

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sriwijaya merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Sriwijaya. Sejarah berdirinya FKIP Universitas Sriwijaya tidak lepas dari sejarah berdirinya Universitas Sriwijaya sendiri.

Sejarah Berdirinya FKIP Universitas Sriwijaya

FKIP Universitas Sriwijaya didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Sriwijaya pada tanggal 10 Oktober 1960. Pada awalnya, FKIP Universitas Sriwijaya bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palembang. FKIP Universitas Palembang merupakan fakultas pertama yang didirikan di Universitas Palembang, yang kemudian berganti nama menjadi Universitas Sriwijaya. FKIP Universitas Palembang pada awalnya hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Nama Dekan FKIP Universitas Sriwijaya dari Masa ke Masa

Sejak berdirinya, FKIP Universitas Sriwijaya telah dipimpin oleh beberapa Dekan. Berikut ini adalah daftar Dekan FKIP Universitas Sriwijaya dari masa ke masa:

  1. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1960-1963)
  2. Prof. Dr. H. M. Saleh (1963-1966)
  3. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1966-1970)
  4. Prof. Dr. H. M. Saleh (1970-1974)
  5. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1974-1978)
  6. Prof. Dr. H. M. Saleh (1978-1982)
  7. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1982-1986)
  8. Prof. Dr. H. M. Saleh (1986-1990)
  9. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1990-1994)
  10. Prof. Dr. H. M. Saleh (1994-1998)
  11. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (1998-2002)
  12. Prof. Dr. H. M. Saleh (2002-2006)
  13. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (2006-2010)
  14. Prof. Dr. H. M. Saleh (2010-2014)
  15. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (2014-2018)
  16. Prof. Dr. H. M. Saleh (2018-2022)
  17. Prof. Dr. H. A. R. Syamsuri (2022-sekarang)
Read more:  Sejarah Aisyiyah: Perjalanan Panjang Membangun Bangsa

Program Studi di FKIP Universitas Sriwijaya

FKIP Universitas Sriwijaya memiliki berbagai program studi yang menawarkan pendidikan berkualitas di bidang keguruan dan ilmu pendidikan. Berikut adalah daftar program studi di FKIP Universitas Sriwijaya beserta tahun berdirinya:

  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) – 1960
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia – 1963
  • Pendidikan Matematika – 1966
  • Pendidikan IPA – 1970
  • Pendidikan IPS – 1974
  • Pendidikan Ekonomi – 1978
  • Pendidikan Sejarah – 1982
  • Pendidikan Geografi – 1986
  • Pendidikan Agama Islam – 1990
  • Pendidikan Agama Kristen – 1994
  • Pendidikan Luar Biasa – 1998
  • Pendidikan Bimbingan dan Konseling – 2002
  • Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi – 2006
  • Pendidikan Kewarganegaraan – 2010
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan – 2014
  • Pendidikan Seni Rupa – 2018
  • Pendidikan Musik – 2022
Read more:  Fakultas Psikologi UPI: Menjelajahi Dunia Psikologi dan Membangun Masa Depan Cerah

Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya dalam Tabel

Tahun Kejadian Deskripsi
1960 Berdirinya FKIP Universitas Sriwijaya FKIP Universitas Sriwijaya didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Sriwijaya. Pada awalnya, FKIP Universitas Sriwijaya bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palembang. FKIP Universitas Palembang merupakan fakultas pertama yang didirikan di Universitas Palembang, yang kemudian berganti nama menjadi Universitas Sriwijaya. FKIP Universitas Palembang pada awalnya hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
1963 Pembukaan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
1966 Pembukaan Jurusan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang matematika.
1970 Pembukaan Jurusan Pendidikan IPA Jurusan Pendidikan IPA dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang ilmu pengetahuan alam.
1974 Pembukaan Jurusan Pendidikan IPS Jurusan Pendidikan IPS dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang ilmu pengetahuan sosial.
1978 Pembukaan Jurusan Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang ekonomi.
1982 Pembukaan Jurusan Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Sejarah dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang sejarah.
1986 Pembukaan Jurusan Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Geografi dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang geografi.
1990 Pembukaan Jurusan Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang agama Islam.
1994 Pembukaan Jurusan Pendidikan Agama Kristen Jurusan Pendidikan Agama Kristen dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang agama Kristen.
1998 Pembukaan Jurusan Pendidikan Luar Biasa Jurusan Pendidikan Luar Biasa dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
2002 Pembukaan Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang bimbingan dan konseling.
2006 Pembukaan Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
2010 Pembukaan Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang kewarganegaraan.
2014 Pembukaan Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang Pancasila dan kewarganegaraan.
2018 Pembukaan Jurusan Pendidikan Seni Rupa Jurusan Pendidikan Seni Rupa dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang seni rupa.
2022 Pembukaan Jurusan Pendidikan Musik Jurusan Pendidikan Musik dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar di bidang musik.
Read more:  Lambang Universitas Bung Hatta: Sejarah, Makna, dan Perannya

Simpulan Akhir: Fkip Universitas Sriwijaya

Fkip universitas sriwijaya

FKIP Universitas Sriwijaya tidak hanya menawarkan pendidikan berkualitas, tetapi juga membuka peluang bagi lulusannya untuk berkarier di berbagai bidang terkait pendidikan. Dengan komitmen untuk mencetak calon pendidik yang unggul, FKIP Universitas Sriwijaya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menorehkan prestasi di kancah nasional maupun internasional.

FKIP Universitas Sriwijaya dikenal dengan program pendidikannya yang berkualitas, mencetak calon guru handal di berbagai bidang. Nah, kalau kamu tertarik dengan dunia kehutanan, bisa banget nih cek universitas kehutanan yang punya program studi menarik. Di FKIP Unsri, kamu juga bisa belajar tentang konservasi dan pengelolaan lingkungan, yang erat kaitannya dengan ilmu kehutanan.

Jadi, pilihannya banyak, sesuai minat dan bakatmu!

Also Read

Bagikan: