Contoh soal cross product – Pernahkah Anda membayangkan perkalian antara dua vektor? Mungkin terdengar rumit, tapi sebenarnya konsep ini memiliki aplikasi yang luas, khususnya dalam dunia fisika dan matematika. Cross product, atau perkalian silang, merupakan operasi matematika yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap dua vektor awal. Bayangkan seperti sebuah engsel pintu yang bergerak tegak lurus terhadap bidang pintu. Itulah gambaran sederhana dari cross product.
Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang cross product. Mulai dari pengertian dasar, cara menghitung, sifat-sifatnya, hingga penerapannya dalam berbagai bidang. Kita juga akan membahas contoh-contoh soal yang akan membantu Anda memahami konsep ini dengan lebih baik.
Pengertian Cross Product
Cross product, dalam matematika, merupakan operasi biner pada dua vektor di ruang tiga dimensi. Hasil dari operasi ini adalah vektor baru yang tegak lurus terhadap kedua vektor awal. Bayangkan dua vektor sebagai garis, cross product akan menghasilkan garis yang tegak lurus terhadap kedua garis awal. Cross product sering juga disebut sebagai “produk vektor” karena menghasilkan vektor, berbeda dengan dot product yang menghasilkan skalar.
Contoh Penerapan Cross Product
Cross product memiliki berbagai aplikasi dalam berbagai bidang, berikut beberapa contohnya:
- Fisika: Dalam fisika, cross product digunakan untuk menghitung momen torsi, gaya magnetik, dan kecepatan sudut. Misal, saat memutar sebuah engkol, torsi yang dihasilkan adalah cross product antara gaya yang diberikan dan lengan engkol.
- Komputer Grafis: Dalam komputer grafis, cross product digunakan untuk menghitung normal permukaan, yang digunakan untuk menentukan arah cahaya dan bayangan pada objek 3D.
- Rekayasa: Dalam rekayasa, cross product digunakan untuk menghitung momen gaya pada struktur, yang penting untuk memastikan stabilitas dan kekuatan struktur tersebut.
Perbandingan Cross Product dan Dot Product
Cross product dan dot product merupakan operasi biner pada dua vektor. Walaupun keduanya beroperasi pada vektor, hasilnya berbeda.
Fitur | Cross Product | Dot Product |
---|---|---|
Hasil | Vektor | Skalar |
Arah | Tegak lurus terhadap kedua vektor awal | Tidak memiliki arah |
Sifat komutatif | Tidak komutatif (a x b ≠ b x a) | Komutatif (a · b = b · a) |
Contoh aplikasi | Momen torsi, gaya magnetik | Kerja, proyeksi vektor |
Cara Menghitung Cross Product: Contoh Soal Cross Product
Cross product adalah operasi matematika yang dilakukan pada dua vektor di ruang tiga dimensi. Hasil dari operasi ini adalah vektor baru yang tegak lurus terhadap kedua vektor awal. Cross product memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang seperti fisika, teknik, dan ilmu komputer.
Rumus Umum Cross Product
Rumus umum untuk menghitung cross product dua vektor, a = (a1, a2, a3) dan b = (b1, b2, b3), adalah sebagai berikut:
a × b = (a2b3 – a3b2, a3b1 – a1b3, a1b2 – a2b1)
Langkah-langkah Menghitung Cross Product
Untuk menghitung cross product dua vektor, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Tuliskan vektor-vektor dalam bentuk matriks kolom.
- Hitung determinan matriks 3×3 yang diperoleh dengan mengganti baris pertama matriks dengan vektor unit i, baris kedua dengan vektor unit j, dan baris ketiga dengan vektor unit k.
- Hasilnya adalah vektor yang merupakan cross product dari kedua vektor awal.
Contoh Soal Menghitung Cross Product
Misalkan kita memiliki dua vektor:
a = (1, 2, 3)
b = (4, 5, 6)
Untuk menghitung cross product dari kedua vektor tersebut, kita dapat mengikuti langkah-langkah di atas:
- Tuliskan vektor-vektor dalam bentuk matriks kolom:
- Hitung determinan matriks 3×3:
- Hasilnya adalah vektor (-3, 6, -3), yang merupakan cross product dari vektor a dan b.
| i | j | k |
|—|—|—|
| 1 | 2 | 3 |
| 4 | 5 | 6 |
a × b = | i | j | k |
|—|—|—|
| 1 | 2 | 3 |
| 4 | 5 | 6 |
= (2*6 – 3*5) i – (1*6 – 3*4) j + (1*5 – 2*4) k
= -3 i + 6 j – 3 k
Sifat-Sifat Cross Product
Cross product merupakan operasi vektor yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap kedua vektor awal. Sifat-sifat cross product penting untuk memahami bagaimana operasi ini bekerja dan bagaimana menerapkannya dalam berbagai bidang, seperti fisika, mekanika, dan geometri.
Lima Sifat Penting Cross Product
Berikut adalah lima sifat penting dari cross product:
- Anti-komutatif: a x b = – (b x a)
- Distributif terhadap penjumlahan vektor: a x (b + c) = (a x b) + (a x c)
- Tidak asosiatif: (a x b) x c ≠ a x (b x c)
- Skalar perkalian: (ka) x b = k(a x b) = a x (kb)
- Ortogonal terhadap vektor awal: a x b tegak lurus terhadap a dan b
Contoh Soal, Contoh soal cross product
Misalkan kita memiliki dua vektor, a = (1, 2, 3) dan b = (4, 5, 6). Kita dapat menghitung cross product dari a dan b dengan menggunakan rumus:
a x b = (a2b3 – a3b2, a3b1 – a1b3, a1b2 – a2b1)
Dengan mengganti nilai a dan b, kita dapatkan:
a x b = ((2)(6) – (3)(5), (3)(4) – (1)(6), (1)(5) – (2)(4)) = (-3, 6, -3)
Kita dapat melihat bahwa vektor hasil, (-3, 6, -3), tegak lurus terhadap kedua vektor awal, a dan b. Hal ini sesuai dengan sifat kelima dari cross product.
Tabel Sifat Cross Product
Sifat | Rumus | Keterangan |
---|---|---|
Anti-komutatif | a x b = – (b x a) | Urutan vektor dalam cross product menentukan arah vektor hasil. |
Distributif terhadap penjumlahan vektor | a x (b + c) = (a x b) + (a x c) | Cross product dapat didistribusikan terhadap penjumlahan vektor. |
Tidak asosiatif | (a x b) x c ≠ a x (b x c) | Cross product tidak asosiatif, artinya urutan operasi cross product mempengaruhi hasilnya. |
Skalar perkalian | (ka) x b = k(a x b) = a x (kb) | Cross product dapat dikalikan dengan skalar. |
Ortogonal terhadap vektor awal | a x b tegak lurus terhadap a dan b | Vektor hasil dari cross product selalu tegak lurus terhadap kedua vektor awal. |
Penerapan Cross Product
Cross product, atau perkalian silang, adalah operasi matematika yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap dua vektor input. Operasi ini memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, terutama dalam fisika dan ilmu komputer.
Momen Gaya dalam Fisika
Salah satu aplikasi paling penting dari cross product adalah dalam menghitung momen gaya. Momen gaya, atau torsi, adalah ukuran kecenderungan suatu gaya untuk memutar objek di sekitar sumbu tertentu. Momen gaya didefinisikan sebagai perkalian silang antara vektor posisi gaya dan vektor gaya itu sendiri.
Secara matematis, momen gaya dapat dinyatakan sebagai:
τ = r × F
di mana:
- τ adalah momen gaya
- r adalah vektor posisi gaya
- F adalah vektor gaya
Contoh Soal, Contoh soal cross product
Misalnya, perhatikan sebuah pintu yang diputar dengan gaya yang diberikan pada gagang pintu. Vektor posisi r adalah vektor yang menghubungkan titik tumpu putaran (engsel pintu) dengan titik aplikasi gaya (gagang pintu). Vektor gaya F adalah vektor yang menunjukkan arah dan besarnya gaya yang diterapkan. Momen gaya τ yang dihasilkan akan menjadi vektor yang tegak lurus terhadap bidang yang dibentuk oleh r dan F, dan besarnya momen gaya akan sebanding dengan besarnya r, F, dan sinus sudut antara r dan F.
Penerapan dalam Bidang Lain
Selain fisika, cross product juga memiliki aplikasi penting dalam bidang lain, seperti ilmu komputer dan teknik.
- Ilmu Komputer: Cross product digunakan dalam algoritma grafis komputer untuk menentukan arah normal permukaan objek 3D. Arah normal ini digunakan untuk menghitung pencahayaan dan bayangan pada objek.
- Teknik: Cross product digunakan dalam analisis struktur untuk menentukan momen gaya yang bekerja pada balok dan kolom. Momen gaya ini digunakan untuk menghitung tegangan dan deformasi pada struktur.
Soal Latihan Cross Product
Cross product adalah operasi vektor yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap kedua vektor awal. Hasil cross product dipengaruhi oleh besarnya kedua vektor dan sudut di antara keduanya. Untuk menguji pemahamanmu tentang cross product, berikut ini beberapa soal latihan yang bisa kamu kerjakan.
Soal Latihan dan Solusi
Berikut adalah 5 soal latihan cross product dengan tingkat kesulitan yang berbeda, beserta solusi lengkapnya.
Soal | Solusi |
---|---|
1. Tentukan cross product dari vektor a = (1, 2, 3) dan b = (4, 5, 6). | a x b = (2 * 6 – 3 * 5, 3 * 4 – 1 * 6, 1 * 5 – 2 * 4) = (-3, 6, -3) |
2. Hitunglah cross product dari vektor u = (2, -1, 0) dan v = (0, 3, 1). | u x v = (-1 * 1 – 0 * 3, 0 * 0 – 2 * 1, 2 * 3 – (-1) * 0) = (-1, -2, 6) |
3. Jika a = (2, 1, -1) dan b = (1, -2, 3), carilah cross product dari a dan b. | a x b = (1 * 3 – (-1) * (-2), (-1) * 1 – 2 * 3, 2 * (-2) – 1 * 1) = (1, -7, -5) |
4. Tentukan cross product dari vektor c = (3, 0, 4) dan d = (1, 2, 1). | c x d = (0 * 1 – 4 * 2, 4 * 1 – 3 * 1, 3 * 2 – 0 * 1) = (-8, 1, 6) |
5. Hitunglah cross product dari vektor p = (1, 1, 1) dan q = (-1, 1, -1). | p x q = (1 * (-1) – 1 * 1, 1 * (-1) – 1 * (-1), 1 * 1 – 1 * (-1)) = (-2, 0, 2) |
Visualisasi Cross Product
Cross product merupakan operasi matematika yang menghasilkan vektor baru dari dua vektor yang diberikan. Vektor baru ini tegak lurus terhadap kedua vektor awal dan memiliki arah yang ditentukan oleh aturan tangan kanan. Visualisasi cross product sangat penting untuk memahami konsep ini dan penerapannya dalam fisika dan matematika.
Arah Vektor Hasil Cross Product
Arah vektor hasil cross product ditentukan oleh aturan tangan kanan. Untuk menerapkan aturan ini, letakkan tangan kanan Anda sehingga jari-jari telunjuk Anda menunjuk ke arah vektor pertama dan jari tengah Anda menunjuk ke arah vektor kedua. Ibu jari Anda kemudian akan menunjuk ke arah vektor hasil cross product.
Besar Vektor Hasil Cross Product
Besar vektor hasil cross product sama dengan luas paralelogram yang dibentuk oleh kedua vektor awal. Luas ini dapat dihitung dengan rumus:
|a × b| = |a| |b| sin θ
di mana θ adalah sudut antara kedua vektor.
Ilustrasi Gambar
Perhatikan gambar di bawah ini. Dua vektor a dan b diwakili oleh garis merah dan biru, masing-masing. Vektor hasil cross product a × b diwakili oleh garis hijau. Arah vektor hasil cross product ditentukan oleh aturan tangan kanan, dan besarnya sama dengan luas paralelogram yang dibentuk oleh a dan b.
Gambar tersebut menunjukkan bahwa vektor hasil cross product tegak lurus terhadap kedua vektor awal dan memiliki arah yang ditentukan oleh aturan tangan kanan. Besar vektor hasil cross product juga sama dengan luas paralelogram yang dibentuk oleh kedua vektor awal.
Contoh Soal Cross Product dalam Vektor
Operasi cross product atau perkalian silang dalam vektor merupakan operasi aljabar yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap dua vektor awal. Hasil cross product dapat digunakan untuk menghitung luas segitiga yang dibentuk oleh dua vektor, menghitung momen gaya, dan menentukan arah medan magnet. Berikut adalah contoh soal cross product yang melibatkan vektor dalam bentuk komponen.
Contoh soal cross product bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Nah, untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN, contoh soal cross product bisa jadi bahan latihan yang menarik. Kamu bisa menemukan berbagai contoh soal dan pembahasannya di contoh soal sbmptn ipc dan pembahasan.
Mempelajari contoh soal cross product ini akan membantumu memahami konsep dasar matematika yang dibutuhkan dalam SBMPTN, khususnya di bidang IPC. Dengan latihan yang cukup, kamu akan semakin percaya diri dalam menghadapi ujian.
Contoh Soal dan Penyelesaian
Misalkan kita memiliki dua vektor, yaitu:
a = (2, 1, 3) dan b = (1, -2, 1)
Tentukan hasil cross product dari kedua vektor tersebut.
Untuk menyelesaikan soal ini, kita dapat menggunakan rumus berikut:
a x b = (aybz – azby, azbx – axbz, axby – aybx)
Dengan menggunakan rumus tersebut, kita dapat menghitung hasil cross product dari vektor a dan b:
a x b = (1 * 1 – 3 * (-2), 3 * 1 – 2 * 1, 2 * (-2) – 1 * 1)
a x b = (7, 1, -5)
Jadi, hasil cross product dari vektor a dan b adalah (7, 1, -5).
Tabel Contoh Soal dan Penyelesaian
Contoh Soal | Langkah-langkah Penyelesaian | Hasil Akhir |
---|---|---|
a = (2, 1, 3) dan b = (1, -2, 1) | a x b = (aybz – azby, azbx – axbz, axby – aybx) a x b = (1 * 1 – 3 * (-2), 3 * 1 – 2 * 1, 2 * (-2) – 1 * 1) |
(7, 1, -5) |
Contoh Soal Cross Product dalam Matriks
Cross product, atau perkalian silang, adalah operasi matematika yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap dua vektor awal. Operasi ini memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, seperti fisika, geometri, dan pemrograman komputer. Dalam konteks matriks, kita dapat merepresentasikan vektor sebagai kolom matriks, dan operasi cross product dapat diimplementasikan dengan menggunakan operasi matriks.
Contoh Soal, Contoh soal cross product
Misalkan kita memiliki dua vektor, a dan b, yang didefinisikan sebagai berikut:
a = [1, 2, 3]
b = [4, 5, 6]
Tentukan cross product dari vektor a dan b.
Solusi
Untuk menyelesaikan cross product dengan matriks, kita dapat menggunakan rumus berikut:
a x b = |i j k|
|a1 a2 a3|
|b1 b2 b3|
Dimana i, j, dan k adalah vektor basis unit dalam arah x, y, dan z. Kita dapat menghitung determinan dari matriks ini untuk mendapatkan vektor hasil cross product:
a x b = (a2b3 – a3b2)i + (a3b1 – a1b3)j + (a1b2 – a2b1)k
Dengan memasukkan nilai vektor a dan b, kita dapatkan:
a x b = ((2)(6) – (3)(5))i + ((3)(4) – (1)(6))j + ((1)(5) – (2)(4))k
a x b = -3i + 6j – 3k
Jadi, cross product dari vektor a dan b adalah [-3, 6, -3].
Implementasi Cross Product dalam Program Komputer
Cross product dapat diimplementasikan dalam program komputer dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Kebanyakan bahasa pemrograman menyediakan fungsi atau library yang dapat digunakan untuk menghitung cross product. Berikut adalah contoh implementasi cross product dalam Python:
- Menggunakan library NumPy:
- Implementasi manual:
- Misalkan vektor A mewakili arah pandangan karakter, dan vektor B mewakili arah input pemain (misalnya, arah analog stick).
- Cross product dari vektor A dan B (A x B) akan menghasilkan vektor C yang tegak lurus terhadap kedua vektor tersebut. Vektor C ini akan menunjukkan arah rotasi karakter untuk menghadap ke arah input pemain.
- Menentukan arah gerakan kamera: Dalam game third-person, cross product dapat digunakan untuk menentukan arah rotasi kamera berdasarkan input pemain, sehingga kamera mengikuti gerakan karakter dengan mulus.
- Menentukan arah serangan karakter: Dalam game fighting, cross product dapat digunakan untuk menentukan arah serangan karakter berdasarkan input pemain. Misalkan, jika pemain menekan tombol serangan dan menggerakkan analog stick ke kanan, karakter akan melakukan serangan ke arah kanan.
- Menentukan arah peluru: Dalam game shooter, cross product dapat digunakan untuk menentukan arah peluru yang ditembakkan karakter berdasarkan arah pandangan karakter dan arah input pemain.
- Misalnya, sebuah gaya sebesar 10 N bekerja pada sebuah engkol dengan lengan momen 0,5 m. Vektor posisi titik tangkap gaya terhadap titik tumpu membentuk sudut 30 derajat terhadap vektor gaya. Hitunglah momen gaya yang dihasilkan oleh gaya tersebut.
- τ adalah momen gaya
- r adalah vektor posisi titik tangkap gaya terhadap titik tumpu
- F adalah vektor gaya
- Misalnya, sebuah elektron dengan kecepatan 107 m/s bergerak dalam medan magnet seragam dengan kuat medan 0,5 T. Arah kecepatan elektron membentuk sudut 60 derajat terhadap arah medan magnet. Hitunglah gaya magnet yang bekerja pada elektron tersebut.
- F adalah gaya magnet
- q adalah muatan elektron
- v adalah kecepatan elektron
- B adalah medan magnet
- Misalnya, sebuah titik pada tepi roda berputar dengan kecepatan linear 10 m/s. Jari-jari roda adalah 0,5 m. Hitunglah kecepatan sudut roda tersebut.
- ω adalah kecepatan sudut
- v adalah kecepatan linear
- r adalah vektor posisi titik terhadap sumbu rotasi
import numpy as np
a = np.array([1, 2, 3])
b = np.array([4, 5, 6])
cross_product = np.cross(a, b)
print(cross_product)
def cross_product(a, b):
i = (a[1] * b[2]) – (a[2] * b[1])
j = (a[2] * b[0]) – (a[0] * b[2])
k = (a[0] * b[1]) – (a[1] * b[0])
return [i, j, k]
a = [1, 2, 3]
b = [4, 5, 6]
cross_product = cross_product(a, b)
print(cross_product)
Aplikasi Cross Product dalam Game
Cross product, dalam konteks pengembangan game, merupakan alat yang ampuh untuk menentukan arah gerakan objek dan manipulasi lainnya. Kemampuannya untuk menghasilkan vektor tegak lurus terhadap dua vektor lainnya memungkinkan penerapan yang menarik dalam berbagai aspek pengembangan game.
Arah Gerakan Objek
Dalam pengembangan game, cross product berperan penting dalam menentukan arah gerakan objek, terutama dalam konteks rotasi atau pergerakan objek berdasarkan input pemain. Misalkan, ketika pemain menggerakkan karakter dalam game, arah gerakan karakter dapat ditentukan menggunakan cross product.
Dengan memanfaatkan cross product, kita dapat dengan mudah menentukan arah gerakan objek dengan cara yang intuitif dan realistis.
Contoh Kasus Penggunaan Cross Product dalam Game
Berikut beberapa contoh kasus penggunaan cross product dalam pengembangan game:
Kode Program Sederhana Penerapan Cross Product dalam Game
Berikut kode program sederhana yang menunjukkan penerapan cross product dalam game, dalam bahasa Python menggunakan library Pygame:
“`python
import pygame# Inisialisasi Pygame
pygame.init()# Set ukuran layar
screen_width = 800
screen_height = 600
screen = pygame.display.set_mode((screen_width, screen_height))# Warna
black = (0, 0, 0)
white = (255, 255, 255)# Vektor arah pandangan karakter
look_direction = pygame.Vector2(1, 0)# Loop utama game
running = True
while running:
# Tangani event
for event in pygame.event.get():
if event.type == pygame.QUIT:
running = False# Dapatkan input pemain
keys = pygame.key.get_pressed()
if keys[pygame.K_LEFT]:
# Vektor input pemain ke kiri
input_direction = pygame.Vector2(-1, 0)
elif keys[pygame.K_RIGHT]:
# Vektor input pemain ke kanan
input_direction = pygame.Vector2(1, 0)
else:
# Vektor input pemain nol
input_direction = pygame.Vector2(0, 0)# Hitung cross product
cross_product = look_direction.cross(input_direction)# Putar karakter berdasarkan cross product
# …# Perbarui layar
screen.fill(black)
pygame.display.flip()# Keluar dari Pygame
pygame.quit()
“`
Kode ini menunjukkan bagaimana cross product dapat digunakan untuk menentukan arah rotasi karakter berdasarkan input pemain. Dalam kode ini, cross product dari vektor arah pandangan karakter dan vektor input pemain digunakan untuk menentukan arah rotasi karakter.
Soal Cross Product dalam Konteks Fisika
Cross product, atau perkalian silang, merupakan operasi matematika yang menghasilkan vektor baru yang tegak lurus terhadap dua vektor awal. Konsep ini memiliki aplikasi yang luas dalam berbagai bidang fisika, seperti mekanika, elektromagnetisme, dan dinamika rotasi. Dalam konteks ini, kita akan membahas beberapa contoh soal cross product yang berkaitan dengan konsep-konsep fisika tersebut.
Momen Gaya
Momen gaya, atau torsi, merupakan besaran yang menggambarkan kecenderungan suatu gaya untuk memutar suatu benda terhadap suatu titik atau sumbu tertentu. Momen gaya didefinisikan sebagai perkalian silang antara vektor posisi titik tangkap gaya terhadap titik tumpu dengan vektor gaya itu sendiri.
Untuk menyelesaikan soal ini, kita dapat menggunakan rumus momen gaya:
τ = r × F
dengan:
Dalam kasus ini, r = 0,5 m dan F = 10 N. Sudut antara r dan F adalah 30 derajat. Dengan menggunakan rumus perkalian silang, kita dapat menghitung momen gaya:
τ = |r| |F| sin θ = (0,5 m)(10 N) sin 30° = 2,5 Nm
Jadi, momen gaya yang dihasilkan oleh gaya tersebut adalah 2,5 Nm.
Medan Magnet
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet atau arus listrik yang dapat memberikan gaya pada magnet atau arus listrik lainnya. Gaya magnet yang bekerja pada suatu muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet dapat dihitung dengan menggunakan hukum Lorentz, yang melibatkan cross product antara kecepatan muatan dengan medan magnet.
Gaya magnet yang bekerja pada elektron dapat dihitung dengan menggunakan hukum Lorentz:
F = q (v × B)
dengan:
Dalam kasus ini, q = -1,602 × 10-19 C, v = 107 m/s, dan B = 0,5 T. Sudut antara v dan B adalah 60 derajat. Dengan menggunakan rumus perkalian silang, kita dapat menghitung gaya magnet:
F = |q| |v| |B| sin θ = (1,602 × 10-19 C)(107 m/s)(0,5 T) sin 60° = 6,93 × 10-13 N
Jadi, gaya magnet yang bekerja pada elektron tersebut adalah 6,93 × 10-13 N.
Kecepatan Sudut
Kecepatan sudut adalah laju perubahan sudut yang dialami suatu benda yang berotasi. Kecepatan sudut merupakan besaran vektor yang arahnya tegak lurus terhadap bidang rotasi, dan dapat dihitung dengan menggunakan cross product antara vektor kecepatan linear dengan vektor posisi.
Kecepatan sudut roda dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
ω = v × r
dengan:
Dalam kasus ini, v = 10 m/s dan r = 0,5 m. Vektor v dan r saling tegak lurus. Dengan menggunakan rumus perkalian silang, kita dapat menghitung kecepatan sudut:
ω = |v| |r| sin θ = (10 m/s)(0,5 m) sin 90° = 5 rad/s
Jadi, kecepatan sudut roda tersebut adalah 5 rad/s.
Kesimpulan Akhir
Dengan memahami cross product, kita dapat membuka cakrawala baru dalam memahami berbagai fenomena alam dan mengembangkan teknologi yang lebih canggih. Dari perhitungan momen gaya hingga desain game yang realistis, cross product memainkan peran penting dalam berbagai bidang. Mari kita terus menggali lebih dalam tentang konsep ini dan menemukan potensi aplikasinya yang tak terbatas!