10 Beasiswa S2 Dalam Negeri Selain LPDP

10 Beasiswa S2 Selain LPDP
10 Beasiswa S2 Selain LPDP

Jakarta, newcomerscuerna.org – Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 merupakan impian banyak orang, namun biaya yang tinggi seringkali menjadi kendala utama. Selain beasiswa LPDP yang sudah sangat dikenal, terdapat berbagai beasiswa S2 lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk mewujudkan impian tersebut. Beasiswa-beasiswa ini ditawarkan oleh berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta, dan mencakup berbagai bidang studi. Berikut adalah beberapa opsi beasiswa S2 dalam negeri selain LPDP yang bisa dipertimbangkan:

1. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menawarkan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk jenjang S1, S2, dan S3. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa, insan kebudayaan, pendidik, dan tenaga kependidikan. Untuk jenjang S2, terdapat beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan, antara lain:

  • Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik
  • Beasiswa S2 Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi
  • Beasiswa S2 Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Beasiswa S2 Pelaku Budaya
Read more:  Beasiswa Fully Funded di Konkuk University, Korea Selatan untuk Jenjang S1, S2, dan S3

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

Selain BPI, Kemendikbudristek juga menawarkan Beasiswa Unggulan untuk jenjang S2. Beasiswa ini terbagi menjadi Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbudristek. 

3. Beasiswa GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership)

GSEP merupakan organisasi nirlaba yang menawarkan beasiswa S2 bagi mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Penerima beasiswa akan mendapatkan dana sebesar $21.000 per tahun selama 2 tahun studi. 

4. Beasiswa Islamic Development Bank (IsDB)

IsDB adalah lembaga yang rutin menawarkan beasiswa penuh bagi negara-negara anggota, termasuk Indonesia. Jika Anda melanjutkan studi S2 di dalam negeri, beasiswa ini akan membayar semua biaya Anda, termasuk biaya kuliah, biaya hidup, biaya medis, tunjangan instalasi, dan tunjangan tesis.

5. Beasiswa SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture)

Beasiswa SEARCA ditujukan bagi mahasiswa yang fokus pada bidang pertanian, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu-ilmu sosial. Beasiswa ini dapat digunakan untuk studi S2 di Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. 

Read more:  Beasiswa Ikatan Dinas LeMondial Career: Kuliah Gratis dan Jaminan Kerja

6. Beasiswa S2 Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menyediakan beasiswa S2 untuk beberapa program studi seperti Kajian Budaya dan Media, Magister Manajemen Bencana, Bioteknologi, dan Kajian Pariwisata. Persyaratan umum antara lain memiliki skor TOEFL ITP minimal 500, skor Tes Potensi Akademik (TPA) 550, dan IPK minimal 3,25. 

7. Beasiswa Dexa Award

Beasiswa ini ditujukan bagi calon mahasiswa S2 dari semua jurusan. Selain mendapat beasiswa penuh, penerima juga berpeluang untuk berkarir di Dexa Group, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. 

8. Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation menawarkan beasiswa S2 di beberapa universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup. 

9. Beasiswa Wellcome

Wellcome adalah yayasan amal global yang menawarkan beasiswa S2 khusus bidang kesehatan bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa ini dapat digunakan di universitas terkemuka, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

Read more:  Ingin Kuliah S2 di Jerman? Ini Dia Beasiswa DAAD - EPOS!

10. Beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

Kominfo menawarkan beasiswa S2 dalam negeri bagi aparatur pemerintah pusat dan daerah, anggota TNI/Polri, serta pegawai swasta yang berlatar belakang di sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Beasiswa ini tersedia di 10 kampus top Indonesia. 

Dengan banyaknya pilihan beasiswa S2 selain LPDP, para calon mahasiswa memiliki kesempatan yang lebih luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus terbebani oleh biaya. Setiap beasiswa memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda, sehingga penting untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memilih beasiswa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan akademis Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam meraih impian untuk melanjutkan studi S2.

Referensi

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.