7 Universitas Luar Negeri Yang Terkenal

7 Universitas Luas Negeri Yang Terkenal
7 Universitas Luas Negeri Yang Terkenal

Jakarta, newcomerscuerna.org – Universitas luar negeri menjadi pilihan populer bagi banyak siswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa universitas terkenal seperti Harvard University, University of Melbourne, dan Yale University menawarkan pendidikan berkualitas, fasilitas penelitian canggih, dan prospek karir yang menjanjikan, menjadikannya incaran utama calon mahasiswa Indonesia.

1. Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University, Amerika Serikat
Source Image: Bafageh

Universitas Harvard adalah universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1636, Harvard adalah institusi pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat dan merupakan anggota Ivy League, sebuah kelompok delapan universitas paling bergengsi dan selektif di Amerika Serikat.

Program Akademik

Harvard memiliki sepuluh fakultas akademik, termasuk Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan, Sekolah Bisnis Harvard, Sekolah Hukum Harvard, Sekolah Kedokteran Harvard, dan banyak lagi. Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan menawarkan studi dalam berbagai disiplin ilmu untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana, sedangkan fakultas-fakultas lainnya hanya menawarkan program pascasarjana, termasuk program profesional

Read more:  Daftar 10 Universitas Terkemuka di Malaysia

Beberapa jurusan yang menjadi favorit di Harvard antara lain:

  • Ilmu Sosial
  • Biologi
  • Matematika
  • Ilmu Komputer dan Informasi
  • Sejarah
  • Antropologi
  • Ekonomi
  • Studi Seni, Visual, dan Film
  • Statistik
  • Astrofisika

2. University of Melbourne, Australia

University of Melbourne, Australia
Source Image: EasyUni

University of Melbourne adalah universitas riset publik yang terletak di Melbourne, Australia. Didirikan pada tahun 1853, universitas ini adalah universitas tertua kedua di Australia dan yang tertua di negara bagian Victoria.

Program Akademik

Universitas ini menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang studi. Beberapa fakultas terkenal di University of Melbourne meliputi:

  • Melbourne Business School
  • Melbourne Law School
  • Melbourne Veterinary School
  • Melbourne Medical School

Program-program yang ditawarkan mencakup seni dan humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, teknik, dan banyak lagi. Model pendidikan di universitas ini memungkinkan mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai disiplin ilmu sebelum memilih jurusan utama mereka, memberikan mereka pengetahuan yang luas dan mendalam.

3. Yale University, Amerika Serikat

Yale University, Amerika Serikat
Source Image: Pinterest

Yale University adalah universitas swasta yang terletak di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1701, Yale adalah institusi pendidikan tinggi tertua ketiga di Amerika Serikat dan merupakan salah satu dari delapan universitas elit yang tergabung dalam Ivy League.

Program Akademik

Yale menawarkan berbagai program akademik yang terbagi menjadi tiga kategori utama:

  1. Yale College: Program sarjana dengan 80 departemen.
  2. Graduate School of Arts and Sciences: Program pascasarjana dengan 77 departemen.
  3. Professional Schools: Terdiri dari 12 sekolah profesional, termasuk School of Architecture, School of Law, School of Medicine, dan School of Management.
Read more:  Inilah 5 Universitas Internasional di Indonesia!

Yale menekankan pengajaran prasarjana yang tidak umum dibandingkan dengan universitas riset lainnya. Sekolah Hukum Yale, khususnya, dikenal sebagai salah satu yang paling selektif di Amerika Serikat.

4. California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat
Source Image: Caltech Edu

California Institute of Technology (Caltech) adalah universitas riset swasta yang terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1891 oleh Amos G. Throop, Caltech telah berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia, terutama dalam bidang sains dan teknik.

Program Akademik

Caltech menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang sangat kompetitif dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknik, termasuk:

  • Biologi
  • Kimia
  • Ilmu Komputer
  • Ilmu Bumi
  • Matematika
  • Fisika

Universitas ini juga memiliki beberapa fasilitas penelitian kelas dunia seperti Jet Propulsion Laboratory (dimiliki oleh NASA), Caltech Seismological Laboratory, dan International Observatory Network.

5. University of Oxford, Inggris

University of Oxford, Inggris
Source Image: Wikipedia

University of Oxford adalah salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di dunia. Terletak di kota Oxford, Inggris, universitas ini memiliki sejarah panjang yang dapat ditelusuri hingga tahun 1096, menjadikannya universitas tertua di dunia berbahasa Inggris dan universitas tertua kedua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Akademik dan Penelitian

University of Oxford terdiri dari 38 college yang otonom dan 6 Permanent Private Halls (PPH). Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang studi, termasuk seni, humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, dan teknik.Oxford dikenal sebagai salah satu pusat penelitian terkemuka di dunia.

Read more:  Profil Fakultas Kedokteran Universitas YARSI

Universitas ini memiliki lebih dari 100 perpustakaan dengan koleksi buku terbesar di Inggris. Beberapa peneliti dan alumni Oxford telah memenangkan Penghargaan Nobel dan Medali Fields dalam berbagai bidang.

6. Stanford University, Amerika Serikat

Stanford University, Amerika Serikat
Source Image: Berkuliah.com

Stanford University, secara resmi dikenal sebagai Leland Stanford Junior University, adalah universitas riset swasta yang terletak di Stanford, California, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1885 oleh Leland dan Jane Stanford, universitas ini telah berkembang menjadi salah satu institusi pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia.

Program Akademik

Stanford menawarkan berbagai program akademik melalui tujuh sekolah utamanya:

  1. School of Humanities and Sciences
  2. School of Engineering
  3. School of Earth, Energy & Environmental Sciences
  4. Graduate School of Education
  5. School of Law
  6. School of Medicine
  7. Graduate School of Business

Universitas ini memiliki sekitar 66 jurusan untuk program sarjana dan hampir 200 program pascasarjana.

7. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat
Source Image: Okezone News

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah universitas riset swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1861, MIT telah memainkan peran penting dalam pengembangan banyak bidang teknologi dan sains modern.

Akademik dan Penelitian

MIT memiliki lima sekolah dan satu kolese, yang mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi. Universitas ini menggunakan kalender akademik 4–1–4, dengan semester musim gugur dimulai setelah Hari Buruh dan berakhir pada pertengahan Desember, periode kegiatan independen selama empat minggu di bulan Januari, dan semester musim semi yang dimulai pada awal Februari dan berakhir pada akhir Mei. Beberapa program studi yang paling populer di MIT termasuk:

  • Teknik Elektro dan Ilmu Komputer (EECS)
  • Teknik Mesin
  • Fisika
  • Matematika
  • Biologi
  • Ekonomi

MIT juga dikenal dengan budaya kewirausahaannya yang kuat. Banyak alumni MIT yang telah mendirikan atau ikut mendirikan perusahaan terkenal seperti Intel, Qualcomm, Dropbox, dan Bose.

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.