Calon Mahasiswa, Inilah Profil Fakultas Hukum UI!

Fakultas Hukum UI
Fakultas Hukum UI

Jakarta, newcomerscuerna.org – Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) adalah salah satu fakultas tertua dan paling bergengsi di Indonesia, yang didirikan pada 28 Oktober 1924 dengan nama awal Rechtshogeschool atau Faculteit der Rechtsgeleerdheid. Fakultas ini telah mengalami berbagai perubahan dan perkembangan sejak didirikan, termasuk penggabungan dengan Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia yang kemudian menjadi Universitas Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan

FHUI awalnya merupakan bagian dari Universiteit van Indonesië dan Balai Perguruan Tinggi Republik Indonesia. Pada tahun 1969, kurikulum dan sistem pendidikan di FHUI mengalami penyesuaian berdasarkan keputusan Konferensi Dinas Antara Fakultas Hukum Pembina se-Indonesia dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0198/U/1972.

Program Pendidikan

FHUI menawarkan berbagai program pendidikan di tingkat Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktoral (S3) . Program Sarjana di FHUI hanya memiliki satu program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum, yang terakreditasi dengan peringkat A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sesuai dengan Standar Mutu ASEAN University Network (AUN-QA) . Program Magister dan Doktoral juga dirancang untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan ahli di bidang hukum.

Read more:  7 Universitas Luar Negeri Yang Terkenal

Program Sarjana

Program Sarjana di FHUI mencakup berbagai peminatan seperti Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Islam, Hukum Adat, Hukum Ekonomi, Hukum Teknologi, dan Hukum Tata Negara . Program ini bertujuan untuk mencetak sarjana hukum yang menguasai hukum dan sistem hukum Indonesia, memiliki keterampilan dasar dan pengetahuan ilmiah, serta mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah hukum.

Program Magister dan Doktoral

Program Magister di FHUI mencakup Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan, yang dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian khusus di bidang hukum. Program Doktoral bertujuan untuk menghasilkan doktor yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu hukum.

Kerjasama dan Internasionalisasi

FHUI memiliki berbagai kerjasama internasional dengan universitas-universitas terkemuka seperti Universitas Utrecht, Universitas Groningen, Universitas Erasmus, Universitas Leiden, Universitas Nasional Singapura, dan Universitas Teknologi Sydney . Program Kelas Khusus Internasional (KKI) mulai diselenggarakan sejak Tahun Akademik 2010-2011, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti program student-exchange atau study-abroad.

Kemahasiswaan dan Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan kemahasiswaan di FHUI diwadahi oleh Ikatan Keluarga Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (IKM FH UI) . FHUI juga memiliki Badan Penerbit yang menerbitkan buku-buku terkait ilmu hukum, sebagian besar ditulis oleh sivitas akademika FHUI .

Visi dan Misi

FHUI berkomitmen untuk menjadi pusat pendidikan dan penelitian hukum yang unggul di Indonesia dan diakui secara internasional. Fokus riset di Universitas Indonesia mencakup bidang kesehatan dan kesejahteraan, energi dan sumber daya material, masyarakat inovatif dan terhubung, bumi, alam, dan iklim, serta ketahanan dan keamanan .

Read more:  Apa Itu Program Pascasarjana? Simak Penjelasan Ini!

Program Studi Yang Ditawarkan Oleh FH UI

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menawarkan berbagai program studi di tingkat Sarjana, Magister, dan Doktoral. Berikut adalah rincian program studi yang ditawarkan:

Program Sarjana (S1)

FHUI hanya memiliki satu program studi di tingkat Sarjana, yaitu:

  • Program Studi Ilmu Hukum: Program ini menghasilkan Sarjana Hukum (S.H) dan menawarkan berbagai peminatan atau Program Kekhususan (PK) yang mencakup:
    • Hukum Tentang Hubungan Antar Sesama Anggota Masyarakat (PK I)
    • Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan (PK II)
    • Praktisi Hukum (PK III)
    • Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi (PK IV)
    • Hukum Tentang Hubungan Negara dan Masyarakat (PK V)
    • Hukum Tentang Hubungan Transnasional (PK VI)
    • Hukum Tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Masalah Sosial (PK VII) .

Program Magister (S2)

FHUI menawarkan dua program studi di tingkat Magister:

  • Magister Ilmu Hukum (M.H): Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan keahlian khusus di bidang hukum .
  • Magister Kenotariatan (M.Kn): Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu hukum khususnya di bidang kenotariatan dan pertanahan .

Program Doktoral (S3)

FHUI menawarkan satu program studi di tingkat Doktoral:

  • Doktor Ilmu Hukum: Program ini bertujuan untuk menghasilkan doktor yang mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu hukum .

Bagaimana Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di FH UI?

Proses penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) melibatkan beberapa tahapan dan jalur seleksi yang berbeda untuk program Sarjana, Magister, dan Doktoral. Berikut adalah rincian proses penerimaan berdasarkan program studi:

Read more:  Mau Kuliah di Qatar? Inilah 8 Universitas di Qatar

Program Sarjana

Jalur Seleksi

  1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): Jalur ini ditujukan bagi siswa SMA/SMK/MA yang berprestasi akademik tinggi.
  2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT): Jalur ini melibatkan ujian tulis yang diselenggarakan secara nasional.
  3. Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI): Ujian seleksi yang diselenggarakan oleh UI untuk berbagai program pendidikan, termasuk reguler, paralel, dan internasional .

Persyaratan

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dengan batasan usia ijazah maksimal 3 tahun setelah kelulusan pada saat pendaftaran .
  • Mengikuti ujian tulis sesuai dengan jalur yang dipilih .

Program Magister

Jalur Seleksi

  1. SIMAK UI: Ujian seleksi yang diselenggarakan oleh UI untuk program Magister, termasuk Magister Ilmu Hukum dan Magister Kenotariatan .

Persyaratan

  • IPK minimal 3.00 dari jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Lulus Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI.
  • Menyerahkan surat rekomendasi dan surat motivasi .

Biaya Pendidikan

  • Magister Kenotariatan: BOP Rp 15.000.000 dan UP Rp 16.000.000 untuk kelas reguler.
  • Magister Ilmu Hukum: BOP Rp 13.000.000 dan UP Rp 16.000.000 untuk kelas khusus .

Program Doktoral

Jalur Seleksi

  1. SIMAK UI: Ujian seleksi yang diselenggarakan oleh UI untuk program Doktoral .

Persyaratan

  • IPK minimal 3.00 dari jenjang Magister.
  • Lulus Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.
  • Menyerahkan rekomendasi dari calon promotor atau dua orang guru besar yang berkaitan dengan topik proposal riset disertasi .

Jadwal Penerimaan

  • Pendaftaran biasanya dibuka beberapa bulan sebelum ujian seleksi, dengan jadwal yang berbeda untuk setiap program dan jalur seleksi.
  • Ujian SIMAK UI untuk program Sarjana, Magister, dan Doktoral biasanya dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu sesuai dengan kalender akademik UI .

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.