Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah

Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek
Source Image: Canva.com

Jakarta, Newcomerscuerna.org – Saat ini terdapat banyak sekali contoh pembelajaran berbasis proyek di sekolah. Sistem pembelajaran ini bertujuan untuk melatih siswa agar lebih berpikir kritis, mengembangkan kreativitas, dan kerja sama. Sehingga nantinya siswa dapat dengan mudah memecahkan suatu masalah yang akan mereka hadapi kedepannya.

Oleh karena itu, para pengajar harus menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif bagi para siswa. Karena masih baru, sistem pembelajaran ini juga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar untuk mengembangkan kemampuan mengajar. 

Apa Itu Pembelajaran Berbasis Proyek?

Pembelajaran Berbasis Proyek atau PBL (Project-Based Learning) adalah metode pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa dalam menyelesaikan suatu proyek tertentu. Dalam PBL, siswa belajar mengerjakan suatu proyek yang memerlukan penelitian, perencanaan, kerja sama, dan presentasi. 

Read more:  Pengaruh Isolasi Geografis Terhadap Keragaman Budaya

Metode ini bertujuan untuk mengembangkan berbagai keterampilan pada siswa, seperti bagaimana cara berpikir kritis, problem solving, melatih kreativitas, dan kerja sama tim.

Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek

Sebenarnya sangat banyak sekali contoh pembelajaran berbasis proyek yang bisa guru terapkan. berikut akan kami jelaskan 5 diantaranya, yaitu:

1. Proyek Video

Saat menggunakan metode pembelajaran ini, biasanya pengajar akan membagi murid dalam satu kelas menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok tersebut nantinya bertanggung jawab untuk membuat video dengan topik yang berbeda. 

Proyek ini bertujuan untuk melatih kerja sama murid. Agar nantinya mereka berkomunikasi dengan teman satu kelompok dalam menentukan berbagai peran. Misalnya saja, siapa yang menulis alur cerita, siapa yang menyiapkan properti video, dan siapa yang bertugas merekam video.

2. Proyek Penelitian

Penelitian juga merupakan pembelajaran berbasis proyek yang sangat baik jika diberikan pada siswa. Nantinya siswa bebas memilih topik terkini yang masih berhubungan dengan pelajaran. Setelah memilih topik tertentu, mintalah mereka untuk menulis poin-poin penting dan mempresentasikannya.

Read more:  Pengaruh Iklim Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

Dalam presentasi nantinya para siswa dapat saling berinteraksi. Dengan begitu, maka akan melatih siswa dalam berpikir kritis menanggapi hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Proyek Kesenian

Contoh pembelajaran berbasis proyek berikutnya adalah dengan kesenian. Metode ini menekankan pada pengembangan kreativitas dan kerja sama siswa. Misalnya saja, guru bisa memberi tugas murid untuk menghias dinding kelas. 

Nantinya murid-murid akan berdiskusi mengenai tema lukisan yang akan mereka pilih, alat yang mereka butuhkan, dan iuran dana untuk membeli alat-alat tersebut. 

4. Proyek Field Trip

Metode ini bertujuan untuk mengedukasi murid agar melihat secara langsung bagaimana penerapan suatu mata pelajaran dalam kehidupan nyata. Misalnya guru mengajak murid pergi ke museum untuk mempelajari berbagai sejarah dan kejadian masa lalu. 

Atau bisa juga mengajak ke pabrik tertentu untuk mengawasi sistem kerja mesin yang masih berhubungan dengan satu mata pelajaran tertentu.

Read more:  Pengertian Rantai Makanan: Fungsi, Jenis dan Contohnya

5. Proyek Teknologi

Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini banyak generasi muda yang ingin menjadi konten kreator. Untuk itu proyek teknologi penting diajarkan pada para siswa. Sebagai contoh, memberikan tugas pada siswa untuk membuat podcast yang direkam menggunakan kamera tertentu lalu nantinya harus mereka publikasikan.

Pembelajaran berbasis proyek teknologi biasanya sangat disukai oleh siswa. Hal ini memang tidak mengherankan, sebab banyak orang sukses berawal menjadi konten kreator. Sehingga banyak siswa yang ingin mengikuti jejak idolanya.

Penutup

Itu tadi beberapa contoh pembelajaran berbasis proyek yang bisa guru ajarkan pada siswa. Sistem pembelajaran ini tentunya bisa membuat siswa lebih berpikir kritis, kreatif, dan melatih kerja sama tim. Terima kasih sudah membaca!


Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.