Info Terbaru Beasiswa Pendidikan Kemendikbud 2024!

Info Beasiswa Pendidikan Kemendikbud
Info Beasiswa Pendidikan Kemendikbud

Jakarta, newcomerscuerna.org – Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Program ini didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui pemberian beasiswa kepada berbagai kalangan.

Tujuan

Program BPI bertujuan untuk:

  • Meningkatkan kualifikasi calon guru sekolah menengah kejuruan, pelaku budaya, calon dosen perguruan tinggi negeri baru, dosen, dan tenaga kependidikan perguruan tinggi negeri.
  • Membantu peserta didik berprestasi dan mahasiswa penghuni Asrama Mahasiswa Nusantara untuk mendapatkan gelar pendidikan tinggi.
  • Membantu warga negara Indonesia dalam menempuh pendidikan di luar negeri.

Jenis Beasiswa

BPI menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Berikut adalah beberapa jenis beasiswa yang tersedia:

Beasiswa S1/D4

  • Calon Guru SMK (Dalam Negeri)
  • Pelaku Budaya (Dalam Negeri)
  • Indonesia Maju (Dalam dan Luar Negeri)
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Read more:  Info Terbaru Beasiswa Pendidikan Pemimpin Indonesia 2024!

Beasiswa S2

  • Calon Dosen Perguruan Tinggi Akademik (PTA) (Dalam dan Luar Negeri)
  • Calon Dosen Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) (Dalam dan Luar Negeri)
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dalam dan Luar Negeri)
  • Pelaku Budaya (Dalam dan Luar Negeri)

Beasiswa S3

  • Perguruan Tinggi Akademik (PTA) (Dalam dan Luar Negeri)
  • Perguruan Tinggi Akademik Joint Degree/Dual Degree
  • Pelaku Budaya (Dalam dan Luar Negeri)
  • Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (Luar Negeri)
  • Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) (Dalam dan Luar Negeri)
  • Pathway Program Doktoral Luar Negeri bagi Dosen LPTK/PPG dan Vokasi.

Pendaftaran

Pendaftaran untuk Beasiswa Pendidikan Indonesia 2024 akan dibuka bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024. Program ini merupakan bagian dari inisiatif “Merdeka Belajar” yang bertujuan untuk memberikan hak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pendidikan berkualitas melalui berbagai dukungan pendanaan pendidikan.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Dibuktikan dengan kartu identitas yang legal dan bukan penduduk tetap di negara lain.
  2. Telah diterima di Perguruan Tinggi: Calon penerima beasiswa harus sudah diterima di perguruan tinggi dalam negeri atau luar negeri sesuai dengan skema beasiswa pada program studi yang telah ditetapkan oleh BPPT. Hal ini dibuktikan dengan LoA (Letter of Acceptance) Unconditional atau surat tanda diterima tanpa syarat yang masih berlaku sampai dengan masa penandatanganan surat pernyataan sebagai penerima beasiswa.
  3. LoA Conditional: Dalam hal LoA Conditional, BPPT dapat menerima hanya jika persyaratan tersebut berkaitan dengan persyaratan sponsor pendanaan, pengumpulan dokumen fisik ijazah dan transkrip jenjang sebelumnya, atau persyaratan tambahan yang tidak beresiko mengubah status kelulusan calon mahasiswa pada program studi dan perguruan tinggi tersebut. LoA Conditional wajib mencantumkan identitas calon mahasiswa, program studi, perguruan tinggi, kondisi yang belum terpenuhi, dan periode perkuliahan.
Read more:  Beasiswa Full Kuliah Kedokteran dan Kesehatan di Harvard University

Persyaratan Khusus

  1. Ijazah dan Transkrip: Calon penerima beasiswa harus melampirkan ijazah dan transkrip jenjang pendidikan sebelumnya yang telah dilegalisir.
  2. Surat Rekomendasi: Beberapa program beasiswa mungkin memerlukan surat rekomendasi dari pihak terkait, seperti dosen atau atasan.
  3. Surat Keterangan Sehat: Beberapa program mungkin memerlukan surat keterangan sehat atau bebas narkoba.
  4. Dokumen Tambahan: Dokumen tambahan lainnya yang mungkin diperlukan sesuai dengan jenis beasiswa yang dipilih, seperti proposal penelitian untuk jenjang S2 dan S3.

Komponen Pembiayaan

Peserta yang lolos beasiswa akan mendapatkan beberapa pembiayaan yang ditanggung, antara lain:

  • Dana Pendidikan: Dana pendaftaran, SPP, tunjangan buku, bantuan penelitian/tesis/disertasi, bantuan seminar internasional, dan bantuan publikasi jurnal internasional.
  • Dana Pendukung: Dana transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, dan dana hidup bulanan.

Kesimpulan

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Kemendikbudristek adalah program beasiswa yang komprehensif dan inklusif, dirancang untuk mendukung berbagai kalangan dalam menempuh pendidikan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Program ini mencakup berbagai jenjang pendidikan dan bidang studi, dengan tujuan utama meningkatkan kualitas pendidikan dan kesetaraan kesempatan belajar di Indonesia.

Read more:  Beasiswa Full Kuliah S1 S2 S3 di Waikato University

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.