Pengertian Rantai Makanan: Fungsi, Jenis dan Contohnya

pengertian-rantai-makanan
pengertian-rantai-makanan

Jakarta, newcomerscuerna.org – Siapa dari kalian yang belum tahu pengertian rantai makanan? Istilah ini sering kali kita jumpai pada materi pelajaran Sekolah Dasar (SD). Bagi yang belum tahu, melalui artikel ini akan kami jelaskan pengertiannya beserta fungsi dan juga contohnya. 

Pengertian Rantai Makanan

Pengertian rantai makanan adalah serangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Proses ini menggambarkan aliran energi dan nutrisi dari satu organisme ke organisme lainnya dalam ekosistem.

Read more:  Sultan Nuku: Pembawa Persatuan Multikultur Maluku dan Papua

Komponen Rantai Makanan

Setelah mengetahui pengertian rantai makanan, kamu juga harus tahu komponen pembentuknya. Berikut ada 3 komponen dalam siklus ini:

1. Produsen (Produsen Primer)

Organisme autotrof yang mampu memproduksi makanan mereka sendiri melalui fotosintesis dan kemosintesis.

Contoh: Tumbuhan hijau, alga, fitoplankton, dan beberapa bakteri.

2. Konsumen 

Konsumen adalah organisme yang memakan produsen, maupun pemakan sesama konsumen.

Contoh: Kelinci, rusa, ulat, sapi, harimau, elang, dan lain sebagainya

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer merupakan organisme yang menguraikan sisa-sisa organisme mati dan bahan organik lainnya menjadi zat-zat anorganik yang dapat digunakan kembali oleh produsen.

Fungsi Rantai Makanan

Ternyata fungsi rantai makanan ini sangat berpengaruh besar bagi kelangsungan hidup suatu ekosistem loh. Mengapa begitu? Berikut penjelasannya:

1. Mengalirkan Energi

Rantai makanan menunjukkan bagaimana energi berpindah dari satu organisme ke organisme lain. Energi yang diperoleh produsen dari sinar matahari melalui fotosintesis diteruskan ke konsumen primer, sekunder, dan seterusnya.

Read more:  Proses Terjadinya Hujan dan Jenis-Jenisnya

2. Menjaga Keseimbangan Ekosistem 

Setiap tingkat trofik dalam rantai makanan saling bergantung. Hilangnya satu spesies dapat mempengaruhi seluruh rantai makanan dan menyebabkan ekosistem tidak seimbang.

3. Pengurai

Melalui dekomposisi, materi organik diubah menjadi zat-zat yang bisa digunakan kembali oleh produsen, menjaga keberlanjutan siklus nutrisi. Misalnya daun sisa makan kambing yang terurai menjadi kompos sehingga bisa tumbuh tanaman baru.

Jenis Rantai Makanan

Rantai makanan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber energi dan interaksi antar organisme. Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Rantai Makanan Perumput (Grazing Food Chain)

Prosesnya berawal dari produsen (tumbuhan hijau) yang menghasilkan makanan melalui fotosintesis. Kemudian herbivora menguraikan dengan memakan produsen. Akhir dari siklus ini adalah karnivora yang memakan herbivora.

Contoh: Rumput → Kelinci → Ular → Elang.

Read more:  Gerak dan Gaya: Pengertian, Jenis dan Penerapan

2. Rantai Makanan Detritus (Detritus Food Chain):

Awalnya terbentuk dari detritus (materi organik mati atau limbah). Kemudian detritivor (organisme yang memakan detritus, seperti cacing tanah atau serangga) memakannya. Pada akhirnya, karnivora atau predator lah yang memakan detritivor.

Contoh: Daun gugur → Cacing tanah → Burung.

3. Rantai Makanan Parasitik (Parasitic Food Chain):

Rantai makanan ini bermula dari organisme inang yang menyediakan makanan untuk parasit. Kemudian parasit memperoleh energi langsung dari inang tanpa membunuhnya.

Contoh: Pohon mangga → Ulat parasit → Burung parasit.

4. Rantai Makanan Saprofitik (Saprophytic Food Chain):

Melibatkan organisme saprofit yang memperoleh energi dari bahan organik mati atau membusuk. Peran organisme ini sangat penting bagi produsen rantai makanan.

Contoh: Jamur atau bakteri yang mengurai bahan organik mati.

Jadi pada intinya pengertian rantai makanan adalah kegiatan makan dan dimakan yang melibatkan beberapa organisme dalam suatu ekosistem. Rantai makanan sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup ekosistem. Entah itu dalam menjaga populasi agar tidak punah atau tumbuh secara berlebihan. Semoga artikel ini menambah pengetahuanmu tentang IPA, jangan lupa baca artikel kami lainnya ya.

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-6714204/pengertian-rantai-makanan-beserta-fungsi-jenis-dan-contohnya/amp

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.