Pengertian Siklus Hidrologi Beserta Proses dan Jenisnya

pengertian-siklus-hidrologi-beserta-proses-dan-jenisnya
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Siklus hidrologi atau biasa kita kenal sebagai siklus air adalah proses alami yang menggambarkan pergerakan air di permukaan bumi. Siklus ini melibatkan berbagai tahap yang membuat air berpindah dari lautan ke atmosfer, kemudian ke daratan, dan kembali lagi ke lautan.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas berbagai hal tentang siklus ini. Mulai dari proses terjadinya hingga jenis-jenisnya. Bagi kalian yang penasaran, maka bisa baca artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi adalah proses berkelanjutan yang melibatkan perubahan wujud dan pergerakan air melalui berbagai komponen lingkungan seperti atmosfer, permukaan tanah, dan bawah tanah. 

Read more:  Materi Belajar Anak PAUD: Membangun Fondasi yang Kuat

Proses ini melibatkan proses evaporasi (penguapan), kondensasi, presipitasi (curah hujan), infiltrasi, dan aliran permukaan. Dengan kata lain, siklus ini adalah daur ulang air secara alami dalam suatu lingkungan.

Proses Terjadinya Siklus Hidrologi

Dalam prosesnya, siklus air ini bisa terjadi karena melewati berbagai tahapan yang dibantu oleh alam. Berikut adalah tahapan-tahapan tersebut, antara lain:

1. Evaporasi

Evaporasi merupakan penguapan air dari permukaan laut, sungai, dan danau akibat panas matahari. Air berubah dari bentuk cair menjadi uap dan naik ke atmosfer.

2. Transpirasi

Merupakan penguapan air dari tumbuhan melalui proses fotosintesis. Air yang diserap oleh akar tumbuhan kemudian dilepaskan melalui daun.

3. Kondensasi

Proses uap air yang ada pada atmosfer mendingin dan berubah menjadi tetesan air. Proses ini kemudian menghasilkan awan.

4. Presipitasi

Presipitasi merupakan sebuah proses jatuhnya air dari atmosfer menuju permukaan bumi dalam bentuk salju, hujan es, hujan biasa atau embun.

Read more:  Materi Fisika Inti Kelas 12: Pengertian, Konsep, dan Aplikasi

5. Infiltrasi

Infiltrasi merupakan proses penyerapan air ke dalam tanah. Air yang jatuh ke permukaan bumi meresap ke dalam tanah dan mengisi air tanah.

6. Aliran Permukaan

Air yang mengalir di permukaan tanah menuju sungai, danau, dan akhirnya kembali ke laut. Proses ini memastikan bahwa air terus bergerak dan mendaur ulang.

Jenis Siklus Hidrologi

Selain prosesnya yang panjang, ternyata siklus air ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda. Jenis-jenis tersebut antara lain:

1. Siklus Pendek

Merupakan siklus air yang melibatkan penguapan air dari permukaan laut, kemudian mengalami kondensasi membentuk awan, dan kembali ke laut dalam bentuk hujan tanpa mencapai daratan.

2. Siklus Sedang

Pada siklus ini, air menguap dari laut kemudian terbawa angin ke daratan sehingga mengalami kondensasi dan presipitasi di daratan dalam bentuk hujan. Kemudian mengalir kembali ke laut melalui sungai dan aliran permukaan.

Read more:  Cara yang Benar Penggunaan Verb dalam Grammar

3. Siklus Panjang

Proses ketika air menguap dari laut, terbawa angin ke daratan kemudian mengalami kondensasi dan presipitasi dalam bentuk salju atau es pegunungan, kemudian mencair dan mengalir kembali ke laut melalui aliran sungai. Siklus ini mencakup perjalanan air yang lebih kompleks dan waktu agar terjadi siklus ini juga cukup lama.

Seberapa Penting Siklus Hidrologi?

Siklus hidrologi sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem bumi. Sebab proses ini berguna untuk menjamin ketersediaan air bersih untuk makhluk hidup, membantu dalam pertumbuhan tanaman, serta mengatur suhu dan iklim global. Dengan memahami siklus hidrologi, kita dapat lebih bijak dalam mengelola sumber daya air dan menjaga kelestarian lingkungan.

Penutup

Jadi pada kesimpulannya, siklus hidrologi merupakan proses alami yang mendaur ulang air bumi melalui berbagai tahap seperti evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Selain itu, siklus ini juga memiliki beberapa jenis yang bisa kamu bedakan berdasarkan panjangnya perjalanan air.

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags