Pengertian Teks Berita, Unsur, Kaidah, Kebahasaan dan Contohnya

Jakarta, newcomerscuerna.org – Pengertian teks berita menarik untuk kita bahas. Seperti yang kita ketahui bersama, berita merupakan teks yang dihasilkan oleh para jurnalistik yang berisi penyampaian tentang berita terkini. 

Ada beberapa unsur, kaidah, dan kebahasaan yang harus terkandung dalam teks agar membentuk berita yang baik. Lalu apa saja itu? Yuk kita bahas!

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah tulisan yang isinya menyampaikan informasi tentang kejadian atau peristiwa aktual dan penting agar banyak orang yang tahu. Teks ini biasanya disajikan dengan tujuan memberikan informasi yang faktual, objektif, dan berdasarkan data atau bukti terpercaya.

Read more:  Materi Kemahasiswaan: Panduan Lengkap Untuk Calon Mahasiswa

Unsur-unsur Teks Berita 5W+H1

Sekarang kamu sudah tahu pengertian teks berita. Berikut juga akan kami jelaskan unsur dalam teks ini yang mengandung 5H+1W. Apa itu 5H+1W? Berikut penjelasannya:

1. What (Apa)

Apa yang terjadi? Menjelaskan peristiwa atau kejadian yang menjadi topik utama berita.

2. Who (Siapa)

Siapa yang terlibat atau terkena dampak? Kalimat ini berfungsi untuk mengidentifikasi pelaku, korban, atau pihak yang terlibat dalam satu peristiwa.

3. When (Kapan)

Kapan peristiwa itu terjadi? Berisi informasi waktu terjadinya peristiwa.

4. Where (Di mana)

Di mana peristiwa itu terjadi Menjelaskan lokasi terjadinya peristiwa.

5. Why (Mengapa)

Mengapa peristiwa itu terjadi Menjelaskan alasan atau latar belakang peristiwa.

6. How (Bagaimana)

Bagaimana peristiwa terjadi? Menjelaskan proses atau cara terjadinya peristiwa.

Struktur Teks Berita

Struktur berita biasanya menganut piramida terbalik. Artinya, berita yang paling penting akan berada pada urutan paling atas. Berikut susunan nya:

1. Kepala Berita (Lead)

Kepala berita, merupakan bagian pembuka yang singkat namun menarik. Fungsinya memberikan gambaran tentang unsur 5W+1H secara ringkas agar menarik perhatian pembaca.

Read more:  Pengaruh Agen Sosialisasi Dalam Pembentukan Karakter Individu

2. Tubuh/Badan Berita

Merupakan bagian tengah yang menjelaskan informasi yang disajikan dalam lead.Tujuannya menjelaskan berita lebih lanjut. Biasanya berisi penjelasan tambahan untuk memperluas pemahaman pembaca tentang peristiwa yang sedang terjadi.

3. Kaki/Ekor Berita

Bagian penutup berita yang terletak di akhir. Biasanya untuk menyimpulkan keseluruhan berita dan berisi kesimpulan atau informasi tambahan yang mendukung.

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Selain pengertian teks berita dan unsur H5+W1. Kamu juga perlu tahu kaidah kebahasaannya. Berikut Macam-macam kaidah tersebut, diantaranya:

1. Menggunakan Bahasa Baku

Bahasa yang tepat untuk teks berita harus baku dan sesuai dengan standar bahasa Indonesia. Dan biasanya mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai pedoman

2. Konjungsi Temporal

Dalam berita biasanya juga menggunakan kata hubung yang menunjukkan urutan waktu. Seperti penggunaan Kata “kemudian,” “sebelumnya,” “setelah itu” yang menjelaskan kronologi peristiwa.

3. Keterangan Waktu

Menyertakan keterangan waktu untuk memberikan dimensi temporal pada berita. Contohnya saja frasa seperti “kemarin,” “sekarang,” ” sejak” yang menjelaskan kapan peristiwa terjadi.

Read more:  Hakikat Sains dan Metode Ilmiah

4. Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Teks berita juga bisa menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung sesuai dengan kebutuhan dalam menyampaikan sebuah peristiwa.

Contoh Teks Berita

Judul:

Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Kota Y

Lead:

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kota Y pada Senin malam, menyebabkan kerusakan bangunan dan memicu kepanikan warga.

Isi:

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 21.15 WIB dengan episentrum di 50 km barat daya Kota Y dan kedalaman 10 km. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Seorang warga, Ahmad (45), menceritakan bahwa gempa terasa sangat kuat dan membuat banyak orang berlarian keluar rumah. “Saya sedang menggoreng tahu kemudian saya merasa rumah bergetar hebat. Kami sekeluarga pun panik dan langsung keluar rumah,” katanya.

Laporan awal dari Dinas Pekerjaan Umum setempat menyebutkan bahwa beberapa bangunan mengalami kerusakan, termasuk sebuah sekolah dasar dan pasar tradisional. Tim penyelamat sedang dikerahkan untuk memeriksa kerusakan dan membantu warga yang terdampak.

Penutup:

Gempa ini merupakan yang terbesar di kawasan tersebut dalam sepuluh tahun terakhir. Pihak berwenang mengimbau warga untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari petugas keselamatan.

Nah itu tadi penjelasan tentang pengertian teks berita lengkap beserta unsur, kaidah, kebahasaan dan contohnya. Jadi sekarang, kamu bisa tahu bagaimana menyusun berita yang baik.

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.