Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan, Syarat dan Faktornya

Proses-fotosintesis
Proses-fotosintesis

Jakarta, newcomerscuerna.org – Kalian pasti sudah sering mendengar istilah fotosintesis bukan? Istilah ini berkaitan erat dengan tumbuhan dalam memproduksi makanannya sendiri. Lalu sebenarnya bagaimana proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi? Jika kalian belum tahu, yuk kita bahas!

Apa Itu Fotosintesis?

Fotosintesis adalah proses tumbuhan menggunakan energi cahaya matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi makanan (glukosa) dan oksigen. Proses ini terjadi dalam organ tumbuhan yang biasa kita sebut sebagai klorofil. 

Fotosintesis sangat penting bagi hampir semua kehidupan di Bumi karena menghasilkan oksigen yang kita hirup dan merupakan sumber utama energi untuk ekosistem.

Read more:  Materi Belajar Membaca Untuk Anak Kelas 1 SD!

Syarat-syarat Terjadinya Proses Fotosintesis

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi agar proses fotosintesis pada tumbuhan bisa terjadi. Beberapa syarat tersebut antara lain:

  • Harus ada karbon dioksida.
  • Terdapat cukup air
  • Cahaya matahari
  • Tumbuhan memiliki Klorofil yang berfungsi sebagai penangkap cahaya matahari.

Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Proses fotosintesis pada tumbuhan terjadi dalam beberapa tahapan. mulai dari penangkapan cahaya matahari, pembelahan air, sampai pengeluaran oksigen. Berikut penjelasannya:

Tahap 1# Penangkapan Cahaya Matahari 

Klorofil dalam kloroplas menangkap energi cahaya matahari.

Tahap 2# Pembelahan Air

Air (H2O) dipecah menjadi oksigen (O2), proton (H+), dan elektron (e-). Proses ini terjadi di dalam membran tilakoid dalam kloroplas.

Tahap 3# Pembentukan ATP dan NADPH

Energi cahaya yang ditangkap yang kemudian berfungsi untuk membuat ATP (adenosin trifosfat) dan NADPH (nikotinamida adenin dinukleotida fosfat), yang merupakan molekul-molekul penyimpan energi.

Read more:  Hakikat Sains dan Metode Ilmiah

Tahap 4# Siklus Calvin

Ini terjadi dalam stroma kloroplas, yaitu CO2 dari udara diserap dan diubah menjadi glukosa dan senyawa organik lainnya dengan bantuan ATP dan NADPH yang dihasilkan sebelumnya.

Tahap 5# Pengeluaran Oksigen

Oksigen yang dihasilkan dari pemecahan air dilepaskan ke udara sebagai hasil sampingan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses fotosintesis pada tumbuhan. Beberapa faktor tersebut antara lain:

1. Konsentrasi Karbon Dioksida

Semakin tinggi konsentrasi karbon dioksida pada udara, laju fotosintesis akan meningkat karena CO2 dibutuhkan dalam siklus Calvin untuk produksi glukosa.

2. Jumlah Klorofil

Jumlah klorofil yang cukup dalam daun sangat penting untuk fotosintesis agar lebih efisien. Tanaman yang kekurangan cahaya mata hari akan mengalami etiolasi, yaitu pertumbuhan tanaman yang terjadi tanpa klorofil yang cukup, akibatnya daun akan menjadi pucat.

Read more:  10 Cara Cepat Belajar Kosakata Bahasa Inggris

3. Intensitas Cahaya Matahari

Jumlah cahaya matahari yang masuk ke tanaman sangat mempengaruhi dalam proses fotosintesis. Cahaya matahari yang cukup adalah energi yang sangat oenting untuk merangsang reaksi kimia dalam fotosintesis.

4. Adanya Air

Material ini penting dan harus ada sebagai bahan baku untuk reaksi pembelahan air yang nantinya menghasilkan oksigen dan elektron dalam pembentukan ATP dan NADPH.

5. Suhu

Suhu yang optimal meningkatkan kecepatan tumbuhan dalam proses fotosintesis karena mempercepat reaksi kimia. Namun, jika terlalu tinggi dapat merusak enzim-enzim yang terlibat dalam fotosintesis.

Jika ternyata faktor yang mempengaruhi fotosintesis ini ada yang kurang, maka biasanya tidak akan terjadi fotosintesis sempurna. Akibatnya tanaman bisa saja mati, meski ada yang bisa hidup itupun biasanya daunnya akan terlihat pucat atau kering.

Nah itu tadi proses fotosintesis pada tumbuhan lengkap beserta syarat dan faktor yang mempengaruhinya. Dengan membaca penjelasan tersebut, kami harap sekarang kamu paham bagai mana proses pembentuk fotosintesis. Kita akhiri dulu pembahasan kali ini, jangan lupa baca juga artikel pendidikan kami yang lainnya.

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.