Seleksi Mandiri UPI: Jalur Masuk Universitas Terkemuka

Seleksi Mandiri UPI
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Setiap tahun, ribuan calon mahasiswa baru bersaing untuk mendapatkan kursi di UPI melalui berbagai jalur seleksi yang tersedia. Salah satu jalur yang menarik perhatian adalah Seleksi Mandiri UPI (SM UPI).

Apa itu Seleksi Mandiri UPI?

Seleksi Mandiri UPI (SM UPI) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh UPI. Jalur ini berbeda dengan seleksi nasional seperti SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) karena sepenuhnya dikelola oleh UPI sendiri. Tujuan dari program SM UPI adalah untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi nasional.

Read more:  Skor UTBK UI: Panduan Lengkap untuk Calon Mahasiswa

Persyaratan Umum Seleksi Mandiri UPI

Untuk mengikuti Seleksi Mandiri UPI, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:

  1. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2024, 2023, dan 2022.
  2. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.

Selain persyaratan umum, terdapat juga persyaratan khusus untuk program studi tertentu, seperti:

  • Pendaftar program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) harus mampu berbahasa Inggris secara aktif karena perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris.
  • Pendaftar program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam harus mampu membaca Al-Qur’an.

Tahapan Seleksi Mandiri UPI

Proses seleksi Mandiri UPI terdiri dari beberapa tahapan, antara lain:

  1. Pendaftaran Online: Calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran secara online di situs resmi UPI dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran: Setelah mendaftar, calon mahasiswa harus membayar biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Seleksi Administrasi: UPI akan melakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa.
  4. Ujian Tulis: Calon mahasiswa akan mengikuti ujian tulis yang mencakup berbagai mata pelajaran sesuai dengan program studi yang dipilih.
  5. Pengumuman Hasil Seleksi: UPI akan mengumumkan hasil seleksi melalui situs resmi. Calon mahasiswa yang lulus akan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran ulang.
Read more:  Cara Daftar UTBK SNBT 2024: Panduan Lengkap

Jadwal Seleksi Mandiri UPI 2024

Berikut adalah jadwal penting terkait Seleksi Mandiri UPI tahun 2024:

  • Pendaftaran: 20 Mei – 30 Juni 2024
  • Pelaksanaan tes: 8 – 13 Juli 2024
  • Pengumuman hasil seleksi: 31 Juli 2024

Keunggulan Seleksi Mandiri UPI

Seleksi Mandiri UPI menawarkan beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Penilaian Lebih Komprehensif: Proses seleksi tidak hanya berdasarkan hasil tes, tetapi juga mempertimbangkan prestasi akademik, non-akademik, dan potensi calon mahasiswa secara menyeluruh.
  2. Kesempatan Lebih Luas: Jalur ini memberikan peluang bagi calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum berhasil pada seleksi nasional.
  3. Fleksibilitas Pilihan Program Studi: Calon mahasiswa dapat memilih dua program studi pada kelompok bidang minat yang sama, baik Kependidikan atau Non-Kependidikan, serta Saintek atau Soshum.

Biaya Kuliah di UPI

Biaya kuliah di UPI ditentukan berdasarkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang ditetapkan setiap tahun akademik. Besaran UKT bervariasi tergantung pada program studi dan kemampuan ekonomi mahasiswa. Untuk informasi terbaru mengenai biaya kuliah, calon mahasiswa dapat mengunjungi situs resmi UPI atau menghubungi pihak terkait.Demikianlah gambaran umum tentang Seleksi Mandiri UPI. Bagi calon mahasiswa yang berminat, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam meraih impian untuk menjadi mahasiswa di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. 

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.