Apa Itu P5 Dalam Kurikulum Merdeka? Ini Penjelasannya

apa-itu-p5
apa-itu-p5

Jakarta, newcomerscuerna.org – Tahukah kalian bahwa dalam kurikulum merdeka terdapat istilah P5? Sebenarnya apa arti istilah tersebut dan juga fungsi serta tujuannya? Bagi yang belum tahu, yuk kita bahas bersama mengenai apa itu P5 beserta fungsi dan tujuannya!

Apa Itu P5? 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 adalah Proyek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan bisa dibuat berdasarkan masalah nyata pada sekolah atau masyarakat. Pelaksanaannya melibatkan penggabungan berbagai mata pelajaran seperti sains, matematika, dan teknologi untuk menemukan solusi untuk masalah seperti keberlanjutan lingkungan, manajemen limbah, atau kesehatan masyarakat. 

Read more:  9 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Universitas Muhammadiyah

Dalam pelaksanaannya, para siswa harus saling bekerja sama untuk memahami masalah secara menyeluruh dan menciptakan solusi yang lengkap dalam lingkungan sekolah. Pendekatan ini mengharuskan siswa belajar secara langsung dalam penelitian, perencanaan, dan pelaksanaan proyek, sambil mengembangkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah.

Tujuan P5 Dalam Kurikulum Merdeka

Bukan tanpa alasan mengapa P5 masuk dalam kurikulum Merdeka. Berikut beberapa tujuan adanya sistem pembelajaran ini, antara lain:

1. Membantu Guru Membentuk Karakter Siswa

Membantu guru dalam mengembangkan kapasitas dan membentuk karakter luhur siswa, sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, selama proses pembelajaran.

2. Jawaban Atas Pertanyaan Terkait Kompetensi Siswa

Menyediakan jawaban atas berbagai pertanyaan terkait kompetensi siswa yang diharapkan dalam sistem pendidikan Indonesia.

3. Pendukung Pengembangan Modul

Mendukung satuan pendidikan dalam mengembangkan modul proyek yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, baik dengan memodifikasi modul yang ada maupun menggunakan modul yang disesuaikan dengan karakteristik daerah, peserta didik, dan satuan pendidik.

Read more:  Lulusan SMK Masih Perlukah Kuliah? Simak Penjelasan Ini!

Manfaat P5 Kurikulum Merdeka

Pada penjelasan sebelumnya kami sudah menerangkan apa itu P5. Berikut juga akan kami terangkan mengenai manfaatnya, baik bagi siswa maupun pengajar. Antara lain:

Manfaat P5 Bagi Siswa

1. Pengembangan Keterampilan Komprehensif

Siswa terlibat dalam proyek lintas disiplin yang membantu mereka mengembangkan keterampilan kolaborasi, pemecahan masalah, dan bersikap kritis.

2. Relevansi Pembelajaran

Pembelajaran berbasis proyek membantu siswa melihat aplikasi praktis dari pelajaran mereka dalam konteks kehidupan nyata, seperti lingkungan sekolah atau masyarakat.

3. Melatih Pemahaman

Melalui kolaborasi antar disiplin, siswa dapat memahami masalah secara holistik dan mengembangkan solusi yang lebih komprehensif.

4. Pengembangan Karakter

Proyek yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila membantu membentuk karakter luhur siswa, seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab.

Bagi Pengajar

1. Meningkatkan Kapasitas Pengajaran

Pengajar dapat mengembangkan kapasitas mereka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual dan relevan.

Read more:  Surat Perjanjian Siswa: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

2. Menambah Kreativitas dalam Pengajaran

Pengajar dapat dengan mudah mengintegrasikan berbagai bidang ilmu dan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menantang bagi siswa.

3. Evaluasi Berbasis Kinerja

P5 mendorong pengajar untuk menggunakan penilaian yang lebih akurat dan berorientasi pada kinerja siswa, atas pencapaian mereka dalam menyelesaikan proyek.

4. Meningkatkan Kerja sama

Kerja sama antar pengajar, pertukaran ide dan praktik mengajar, dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas pengajaran di sekolah.

Berhubung manfaat P5 sangat banyak sekali, hal ini yang kemudian menyebabkan P5 masuk pada kurikulum merdeka. Agar menjadikan sistem pengajaran lebih efisien dan lebih menantang.

Nah itulah penjelasan lengkap tentang apa itu P5 dalam kurikulum merdeka beserta tujuan dan manfaatnya baik itu bagi siswa maupun pengajar. Semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel pendidikan kami yang lainnya ya!

Referensi:

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6974450/apa-itu-p5-dalam-kurikulum-merdeka-ini-arti-tujuan-tema-dan-contohnya

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags