Cara Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

Cara Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Teks deskripsi adalah salah satu jenis teks di mana suatu objek, lokasi, atau peristiwa digambarkan dengan detail. Dalam teks deskripsi, penulis berusaha untuk membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan apa yang dideskripsikan. Oleh karena itu, teks deskripsi memiliki ciri-ciri isi dan tujuan yang spesifik.

Ciri Isi Teks Deskripsi

Ciri isi teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Menggambarkan objek secara rinci: Teks deskripsi menggambarkan objek secara rinci dan detail, sehingga pembaca dapat membayangkan atau memahami objek tersebut dengan jelas.
  2. Melibatkan panca indra: Teks deskripsi melibatkan panca indra, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan perasaan, untuk membuat pembaca seolah-olah merasakan apa yang dideskripsikan.
  3. Memberikan penjelasan mengenai objek: Teks deskripsi memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan, seperti warna, ukuran, sifat, dan lain-lain.
  4. Menggunakan bahasa yang deskriptif: Teks deskripsi menggunakan bahasa yang deskriptif dan kaya, sehingga pembaca dapat membayangkan atau memahami objek tersebut dengan jelas.
Read more:  Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Menggambarkan objek secara rinci: Tujuan utama teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek secara rinci dan detail, sehingga pembaca dapat membayangkan atau memahami objek tersebut dengan jelas.
  2. Membuat pembaca seolah-olah merasakan: Teks deskripsi bertujuan untuk membuat pembaca seolah-olah merasakan atau membayangkan apa yang dideskripsikan, sehingga pembaca dapat lebih memahami atau menghayati objek tersebut.
  3. Mengajak pembaca untuk ikut merasakan: Teks deskripsi juga bertujuan untuk mengajak pembaca untuk ikut merasakan atau membayangkan apa yang dideskripsikan, sehingga pembaca dapat lebih terlibat dengan objek tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut adalah contoh teks deskripsi:

“Di tengah kota, terdapat sebuah taman yang indah. Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga yang berwarna-warni, seperti mawar, melati, dan anggrek. Suara air mancur yang jernih dan burung-burung yang berkicau membuat suasana taman menjadi sangat menyenangkan. Di tengah taman, terdapat sebuah kolam yang dipenuhi dengan ikan-ikan yang berwarna-warni, seperti ikan mas, ikan koi, dan ikan guppy. Suasana taman ini sangat damai dan membuat kita merasa nyaman.”

Dalam contoh teks deskripsi di atas, kita dapat melihat bahwa teks tersebut menggambarkan objek secara rinci, melibatkan panca indra, dan memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan. Teks tersebut juga bertujuan untuk membuat pembaca seolah-olah merasakan atau membayangkan apa yang dideskripsikan, sehingga pembaca dapat lebih memahami atau menghayati objek tersebut.

Read more:  Pelajaran Akuntansi di SMK Lengkap

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, teks deskripsi memiliki ciri-ciri isi dan tujuan yang spesifik. Ciri isi teks deskripsi adalah menggambarkan objek secara rinci, melibatkan panca indra, memberikan penjelasan mengenai objek, dan menggunakan bahasa yang deskriptif. Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan objek secara rinci, membuat pembaca seolah-olah merasakan, dan mengajak pembaca untuk ikut merasakan. Dengan demikian, teks deskripsi dapat membantu pembaca untuk lebih memahami atau menghayati objek yang dideskripsikan.

Referensi

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.