Cara Mengajarkan Anak Membaca Sejak Usia Dini

Cara mengajarkan anak membaca
Cara mengajarkan anak membaca

Jakarta, newcomerscuerna.org – Belajar membaca bisa jadi sangat membosankan jika metode pengajarannya salah. Apalagi yang kamu ajari adalah anak usia dini. Akibatnya anak menjadi enggan belajar, jika sudah begini maka besar kemungkinan anak menjadi telat bisa baca. Tapi tenang, berikut akan kami jelaskan cara mengajarkan anak membaca usia dini yang efektif.

Pentingnya Tahu Cara Mengajarkan Anak Membaca

Orang tua harus tahu cara mengajarkan anak membaca agar nantinya perkembangan anak tidak terhambat. Sebab membaca bukan hanya keterampilan dasar yang diperlukan untuk berhasil dalam dunia akademis, tetapi juga fondasi dalam membangun kognitif, emosional, dan sosial anak.

Read more:  Pengaruh Iklim Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

Dengan mengajarkan membaca pada anak sejak dini. Maka bisa menjadikan anak tersebut anak yang kreatif, memiliki rasa ingin tahu yang besar serta cerdas. Namun dalam proses pembelajaran juga jangan terlalu memaksa, ajari anak secara perlahan tahap demi tahap.

Cara Mengajari Anak Membaca

Seperti yang sudah kami janjikan sebelumnya. Berikut akan kami jelaskan cara mengajari anak membaca sejak dini dengan metode yang menyenangkan. Agar nantinya anak tidak merasa terpaksa dan cepat bisa saat belajar membaca.

1. Membacakan Cerita Dengan Suara Nyaring

Membacakan cerita kepada anak sejak dini adalah cara mengajarkan anak membaca yang efektif untuk memperkenalkan mereka pada kata dan kalimat. Pilih buku cerita yang menarik dengan gambar yang berwarna-warni. Bacakan cerita dengan intonasi yang jelas dan penuh ekspresi untuk menarik perhatian anak.

Read more:  Peluang & Tantangan Letak Geografis Indonesia

2. Kenalkan Huruf Pada Anak

Memperkenalkan huruf dan suara adalah langkah awal yang penting dalam cara mengajarkan anak membaca. Kamu bisa menggunakan buku bergambar, atau permainan yang melibatkan pengenalan huruf. Kamu bisa mulai mengenalkan huruf pada anak dengan huruf vokal seperti a, i, u, e, o setelah anak paham,  maka kemudian kenalkan mereka pada huruf konsonan.

3. Gunakan Lagu Saat belajar

Lagu anak-anak adalah alat yang sangat efektif untuk mengajarkan keterampilan membaca. Sebab melalui lagu, anak dapat lebih mudah mengingat huruf yang diajarkan. Metode ini juga terkesan sangat menyenangkan karena bisa belajar sambil bermain.

4. Minta Anak Memilih Buku yang Mereka Inginkan

Sesekali ajak anak pergi ke toko buku, seperti Gramedia atau lainnya. Mintalah anak memilih buku yang mereka inginkan agar mereka semakin tertarik untuk membaca buku tersebut.

Read more:  Sultan Nuku: Pembawa Persatuan Multikultur Maluku dan Papua

5. Minta Anak Mengeja Kata 

Kamu bisa melibatkan anak dalam aktivitas sehari-hari yang melibatkan membaca, seperti membaca label makanan, papan nama jalan, atau menu restoran. Dengan meminta anak mengeja kata, maka akan membuatnya paham bahwa membaca adalah keterampilan yang berguna dalam kehidupan.

6. Buatlah Membaca Menjadi Aktivitas yang Menyenangkan

Usahakan agar membaca menjadi aktivitas yang menyenangkan dan tidak terkesan sebagai tugas. Kamu bisa menggunakan boneka, permainan, atau bahkan membuat buku cerita sendiri bersama anak. Pujilah usaha anak dan berikan dukungan setiap kali mereka mencoba membaca.

7. Atur Waktu Belajar dengan Konsisten

Cara mengajarkan anak membaca yang terakhir adalah dengan mengatur waktu belajar anak. Usahakan untuk selalu konsisten setiap harinya. Kamu bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk belajar membaca, misalnya pada pagi, siang, atau sore hari.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan anak usia dini membaca. Ingat, jangan terlalu memaksa anak saat mengajaknya belajar dan harus selalu sabar. Sebab anak usia dini mudah sekali bosan, beri jeda beberapa saat jika anak sudah menunjukkan kebosanannya.

Referensi:

https://www.generasimaju.co.id/artikel/3-tahun/pola-asuh-anak/Cara-Mengajari-Anak-Membaca.

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.