Gerund dan Infinitive: Apa bedanya?

Gerund dan Infinitive
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Dalam hal grammar bahasa Inggris, dua konsep yang paling membingungkan adalah gerund dan infinitive. Banyak pelajar yang kesulitan memahami perbedaan antara kedua bentuk kata kerja ini, dan bagaimana menggunakannya dengan benar dalam kalimat. Dalam artikel ini, kita akan membahas definisi gerund dan Infinitive, dan memberikan contoh cara menggunakannya dalam konteks yang berbeda.

Apa Itu Gerund?

Gerund adalah bentuk kata kerja (verb) yang diakhiri dengan “-ing” dan berfungsi sebagai kata benda (noun). Kata ini sering digunakan sebagai subjek atau objek kalimat.

Contoh:

  • “Eating breakfast is my favorite part of the day.” (Disini, “Eating breakfast” adalah gerund dan subjek dari kalimat tersebut).
  • “I love playing tennis.” (Disini, “playing tennis” adalah gerund dan object dari kalimat tersebut).
Read more:  Apa Itu Active Information Gathering? Simak Penjelasannya!

Apa Itu Infinitive?

Infinitive adalah bentuk kata kerja yang dimulai dengan “to” dan berfungsi sebagai kata kerja, kata sifat, atau kata benda. Infinitive sering digunakan untuk menyatakan tujuan atau maksud.

Contoh:

  • “I want to learn how to play the guitar.” (Di sini, “to learn” adalah infinitive dan menyatakan tujuan dari kalimat tersebut).
  • “She is eager to start her new job.” (Di sini, “to start” adalah infinitive dan menyatakan maksud dari kalimat tersebut).

Perbedaan Utama

Jadi, apa perbedaan utama antara gerund dan Infinitive? Perbedaan utamanya adalah bahwa gerund digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang telah terjadi, sedangkan Infinitive digunakan untuk mendeskripsikan tindakan yang akan terjadi di masa depan.

Sebagai contoh:

  • “I am writing a letter to my friend.” (Di sini, “writing” adalah gerund dan menggambarkan tindakan yang sudah terjadi).
  • “I want to write a letter to my friend.” (Di sini, “to write” adalah Infinitive dan menggambarkan tindakan yang akan terjadi di masa depan.)
Read more:  Apa Itu Passive Information Gathering? Simak Penjelasannya!

Cara Menggunakan Gerund dan Infinitive dengan Benar

Menggunakan gerund dan infinitif dengan benar bisa jadi rumit, tetapi berikut ini beberapa aturan umum yang harus diikuti:

  • Gunakan gerund setelah kata kerja yang menggambarkan emosi, seperti “love,” “hate,” dan “enjoy.”
  • Gunakan Infinitive setelah kata kerja yang menggambarkan tujuan atau niat, seperti “want,” “need,” dan “hope.”
  • Gunakan kata dasar setelah kata depan, seperti “in”, “on”, dan “at”.
  • Gunakan Infinitive setelah kata kerja yang menggambarkan kemampuan atau kemungkinan, seperti “can”, “could”, dan “may”.

Kesimpulan

Kesimpulannya, gerund dan Infinitive adalah dua bentuk kata kerja yang penting dalam grammar bahasa Inggris. Memahami perbedaan antara kedua bentuk ini dapat membantu Anda berkomunikasi secara lebih efektif dan akurat dalam menulis dan berbicara. Dengan mengikuti aturan dan contoh yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa Anda dan menjadi pelajar bahasa Inggris yang lebih percaya diri.

Read more:  Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.