Jurusan Informatika Belajar Apa? Ini Dia Jawabannya!

jurusan-informatika-belajar-apa-ini-dia-jawabannya
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Ingin masuk jurusan Informatika setelah lulus sekolah menengah atas maupun kejuruan? Jangan terburu-buru dulu, sebab kamu akan menemukan berbagai pelajaran yang akan membuatmu merasa kesulitan. Lalu sebenarnya jurusan informatika belajar apa sih?

Pada dasarnya jurusan informatika memang fokus untuk mempelajari ilmu komputer. Namun pada awal-awal semester, jurusan ini juga mempelajari ilmu pengetahuan umum seperti fisika, matematika, kemahasiswaan dan lain sebagainya. Barulah pada semester 3 sampai semester akhir kamu akan dipusingkan dengan berbagai pelajaran komputer termasuk pemrograman.

Apa Itu Jurusan Informatika?

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang mempelajari tentang cara mengoptimalkan penggunaan komputer. Hal ini bertujuan untuk dapat menangani masalah pengolahan data berdasarkan logika.

Read more:  Pengertian Teks Berita, Unsur, Kaidah, Kebahasaan dan Contohnya

Maka tidak heran jika kamu nantinya akan berhadapan dengan pelajaran pemrograman, kalkulus, algoritma dan sebagainya jika mengambil jurusan ini.

Jurusan Informatika Belajar Apa?

Mengenai pertanyaan jurusan informatika belajar apa, tentunya banyak sekali yang akan kamu pelajari jika mengambil bidang studi ini. Berikut beberapa pelajaran yang akan kamu temui selama masa perkuliahan:

1. Dasar-dasar Komputasi

Pada mata kuliah ini nantinya kamu akan belajar tentang pengantar teknologi informasi, pengantar, algoritma dan pemrograman, struktur data dan algoritma. Pada tahap ini, mungkin pembelajarannya masih bisa dikatakan mudah.

2. Pemrograman

Ini merupakan pelajaran wajib bagi para mahasiswa TI. Pada mata kuliah ini, kamu akan belajar tentang pemrograman berorientasi objek, web, mobile, dan berbasis Jaringan.

3. Matematika dan Logika

Selanjutnya jika kamu bertanya jurusan informatika belajar apa, maka sudah jelas jawabanya adalah matematika dan logika. Pelajaran ini meliputi diskrit, kalkulus, aljabar linear, statistika dan probabilitas

Read more:  Cara Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi

4. Sistem Komputer

Selanjutnya ada mata pelajaran sistem komputer yang mempelajari, arsitektur dan organisasi komputerisasi, sistem operasi, jaringan, keamanan dan jaringan.

5. Basis Data

Untuk mata pelajaran ini, nantinya kamu akan mempelajari tentang dasar-dasar basis data, manajemen, data mining dan big data.

6. Rekayasa Perangkat Lunak

Pelajaran rekayasa perangkat lunak ini biasanya akan kamu temui pada semester 5 yang akan mempelajari analisis dan desain sistem, pengembangan perangkat lunak, manajemen proyek dan pengujian dan pemeliharaan perangkat lunak

7. Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin

Pelajaran yang akan kamu dapat dalam mata pelajaran ini antara lain, dasar-dasar kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa alami (NLP), sistem pakar

8. Grafika Komputer dan Multimedia

Ada beberapa pelajaran dalam mata pelajaran ini antara lain grafika komputer, desain interaksi, pengolahan citra digital dan juga multimedia

Read more:  Penjelasan Lengkap Suhu, Kalor, dan Pemuaian Beserta Contoh

Kenapa Jurusan Informatika Favorit?

Sekarang kamu sudah tahu jurusan informatika belajar apa. Namun meskipun hampir semua pelajarannya bisa dikatakan sulit, tapi bidang studi ini tidak pernah sepi peminat. Hal ini disebabkan karena peluang kerjanya yang cukup luas.

Apalagi pada zaman yang serba modern saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang menguasai ilmu informatika untuk memasarkan produk dan mengurus pekerjaan secara digital. Maka tidak heran rasanya jika jurusan informatika sangat favorit dan banyak peminatnya.

Penutup

Sekarang kamu sudah paham jurusan informatika itu belajar apa saja? Sekedar saran, jika memang ingin mengambil jurusan ini. Maka kamu harus yakin dan jangan setengah-setengah atau hanya sekedar ikut-ikutan teman. Sebab nantinya kamu akan menemui berbagai pelajaran sulit yang akan membuatmu pusing. Jadi sebelum menyesal karena merasa tidak mampu, sebaiknya pikir dengan matang.

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags