Laporan Magang Mahasiswa Beserta Contohnya!

Contoh Laporan Magang Mahasiswa PDF
Contoh Laporan Magang Mahasiswa PDF

Jakarta, newcomerscuerna.org – Magang adalah salah satu bagian penting dari proses pendidikan tinggi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang telah mereka pelajari di kelas ke dalam situasi kerja nyata. Setelah menyelesaikan magang, mahasiswa biasanya diwajibkan untuk menyusun laporan magang sebagai bentuk pertanggungjawaban dan dokumentasi pengalaman mereka.

Struktur Laporan Magang

Meskipun format laporan magang dapat bervariasi antara satu program studi dengan yang lain, namun secara umum struktur laporan magang terdiri dari:

  1. Halaman Judul: Mencantumkan judul laporan, identitas mahasiswa, program studi, fakultas, dan universitas.
  2. Lembar Pengesahan: Berisi tanda tangan persetujuan dari dosen pembimbing dan pihak perusahaan tempat magang.
  3. Kata Pengantar: Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses magang dan penyusunan laporan.
  4. Daftar Isi: Memuat daftar bab, sub-bab, dan nomor halaman.
  5. Daftar Tabel dan Gambar (jika ada): Memuat daftar tabel dan gambar beserta nomor halamannya.
  6. Bab I Pendahuluan: Berisi latar belakang, tujuan magang, manfaat magang, waktu dan tempat pelaksanaan magang.
  7. Bab II Tinjauan Umum Perusahaan: Menjelaskan profil perusahaan, visi dan misi, struktur organisasi, serta bidang usaha perusahaan tempat magang.
  8. Bab III Pelaksanaan Magang: Membahas job description, tugas dan tanggung jawab selama magang, kendala yang dihadapi, serta cara mengatasi kendala tersebut.
  9. Bab IV Penutup: Berisi kesimpulan dan saran terkait pelaksanaan magang.
  10. Daftar Pustaka: Memuat daftar referensi yang digunakan dalam penyusunan laporan.
  11. Lampiran: Berisi dokumen pendukung seperti surat pengantar magang, sertifikat magang, log harian, dan lain-lain.
Read more:  Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Bukan Hanya Gaya-Gayaan

Teknis Penulisan Laporan Magang

  1. Bahasa: Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  2. Jenis dan Ukuran Huruf: Times New Roman, ukuran 12 pt.
  3. Jarak Spasi: 1,5 spasi, kecuali untuk kutipan langsung, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar pustaka yang menggunakan spasi 1.
  4. Margin: Atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm, dan kanan 3 cm.
  5. Penomoran Halaman: Halaman judul menggunakan angka Romawi kecil (i, ii, iii, …), sedangkan halaman isi menggunakan angka Arab (1, 2, 3, …).
  6. Penulisan Kutipan: Kutipan langsung yang lebih dari empat baris ditulis dengan jarak satu spasi dan menjorok ke dalam sejauh 1 cm dari margin kiri.

Berikut adalah beberapa sumber yang menyediakan contoh laporan magang mahasiswa dalam format PDF yang dapat diunduh:

Read more:  Jurusan Perhotelan SMK Terbaik di Indonesia

1. Laporan Magang di CV. Utama Jaya Perkasa

Laporan ini berisi uraian pengalaman penulis selama melaksanakan program magang di CV. Utama Jaya Perkasa. Laporan ini mencakup berbagai kegiatan yang dilakukan, sistem manajemen yang dipelajari, serta kesimpulan dan rekomendasi dari penulis.

2. Laporan Magang di PT. Lestari Karya Elektrik

Laporan ini menjelaskan tugas-tugas yang diberikan kepada mahasiswa selama tiga bulan magang di PT. Lestari Karya Elektrik. Laporan ini juga mencakup evaluasi pelaksanaan kegiatan dan analisis kegiatan yang dilakukan.

3. Laporan Magang di PT. Gamatechno Indonesia

Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman penulis selama magang di PT. Gamatechno Indonesia. Laporan ini mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi perusahaan, dan hasil kegiatan magang.

4. Laporan Magang di PT. Telkom Gresik

Laporan ini mencakup dokumentasi kegiatan mahasiswa selama kerja praktik di PT. Telkom Gresik. Laporan ini juga mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi perusahaan, dan hasil kegiatan magang.

5. Laporan Magang di PT. Mitra Toyotaka Indonesia

Laporan ini merupakan hasil dari kegiatan magang yang dilakukan selama dua bulan di PT. Mitra Toyotaka Indonesia. Laporan ini mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi perusahaan, dan hasil kegiatan magang.

Read more:  Apa Itu Kelas Akselerasi? Ini Bedanya dengan Kelas Reguler

6. Laporan Magang di CV. Sumber Mitra Sejati

Salah satu syarat Kuliah Kerja Magang (KKM) yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Manajemen adalah laporan ini. Laporan ini mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi perusahaan, dan hasil kegiatan magang.

7. Laporan Magang di PT. Kusuma Satria Agrobio Tani

Laporan ini berisi pengalaman penulis selama magang di PT. Kusuma Satria Agrobio Tani, yang merupakan anak perusahaan Kusuma Agrowisata. Laporan ini mencakup berbagai kegiatan yang dilakukan dan sistem manajemen yang dipelajari.

8. Laporan Magang di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Laporan ini merupakan hasil dari kegiatan magang di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Laporan ini mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi instansi, dan hasil kegiatan magang.

9. Laporan Magang di PT. Syahli Brothers

Laporan ini berisi pengalaman penulis selama magang di PT. Syahli Brothers. Laporan ini mencakup berbagai aspek seperti latar belakang, tujuan magang, deskripsi perusahaan, dan hasil kegiatan magang.

Dengan mengikuti format dan pedoman yang disajikan dalam contoh-contoh tersebut, mahasiswa dapat memastikan bahwa laporan magang mereka memenuhi standar yang diharapkan dan mencerminkan pengalaman berharga yang mereka peroleh selama melaksanakan magang. Semoga contoh-contoh laporan magang ini dapat menjadi sumber inspirasi dan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan laporan magang mereka dengan sukses.

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.