Literasi Digital Adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Literasi Digital Adalah
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Di era yang serba modern seperti saat ini, literasi digital adalah keterampilan yang sangat penting bagi semua orang, terutama bagi generasi muda. Literasi digital bukan hanya tentang menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga bagaimana memahami, menilai, dan mengelola informasi secara efektif dan bertanggung jawab.

Pengertian Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, menciptakan, dan mengkomunikasikan informasi. 

Literasi ini biasanya meliputi berbagai aspek seperti penguasaan teknis, pemahaman kritis terhadap konten online, dan etika dalam penggunaan teknologi.

Read more:  Inilah 10 Tempat Kursus Bahasa Inggris Terbaik!

Komponen Literasi Digital

Berhubung literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi. Ada beberapa komponen yang terdapat di dalamnya, antara lain:

1. Kemampuan Teknis

Kemampuan teknis adalah keahlian seseorang dalam menggunakan perangkat keras seperti komputer, smartphone, tablet dan perangkat lunak seperti aplikasi, sistem operasi, browser secara efektif.

2. Pemahaman Informasi

Komponen berikutnya adalah keahlian seseorang dalam memahami informasi yang mencakup pencarian, evaluasi, dan pemanfaatan informasi dari berbagai sumber digital. 

Misalnya saja kemampuan untuk mengenali informasi yang benar, serta kemampuan seseorang untuk membedakan informasi yang salah seperti berita hoax.

3. Komunikasi Digital

Hal ini mencakup berbagai kemampuan seseorang dalam berkomunikasi melalui berbagai platform digital seperti email, media sosial, dan aplikasi pesan lainnya. Hal ini juga melibatkan pemahaman tentang etika dan tata krama dalam komunikasi.

4. Kreativitas Digital

Keahlian seseorang dalam membuat konten digital seperti teks, gambar, audio, dan video. Dalam hal ini mencakup pembuatan konten menggunakan alat seperti kamera, laptop dan lain sebagainya.

Read more:  Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Bukan Hanya Gaya-Gayaan

5. Keamanan Digital

Pemahaman untuk melindungi diri dan data pribadi dari ancaman digital seperti malware, phishing, dan pencurian identitas. Maka dari itu seseorang harus paham tentang privasi online dan cara menjaga keamanan informasi pribadi.

Manfaat Literasi Digital Dalam Pendidikan

Literasi digital adalah pengetahuan yang sangat bermanfaat di berbagai bidang termasuk dalam dunia pendidikan. Berikut beberapa manfaat tersebut:

1. Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Literasi ini sangat berguna bagi siswa dalam mengakses berbagai sumber belajar dan informasi dari berbagai belahan dunia. Sehingga bisa menambah pengetahuan mereka dan mempermudah proses pembelajaran. Maka dari itu, kemampuan ini sangat penting dimiliki siswa.

2. Bekal Menyambut Dunia Kerja

Di dunia kerja modern, keterampilan digital sangat dibutuhkan. Literasi digital adalah kunci dalam mempersiapkan seseorang untuk bekerja dengan teknologi dan beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat.

Read more:  9 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Universitas Muhammadiyah

3. Memperluas Jaringan Sosial

Literasi ini juga bisa membuat seseorang terlibat langsung dalam diskusi sosial dan politik melalui platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Dengan begitu, seseorang bisa dengan bebas menyuarakan pendapat tentang pendidikan dan berpartisipasi dalam proses demokrasi.

4. Menghindari Kejahatan Online

Dengan literasi digital, seseorang bisa tahu dan menghindari risiko terkait kejahatan dunia digital seperti penipuan online, cyberbullying, dan pelanggaran privasi. Sehingga nantinya dapat dengan aman saat menjelajah dunia internet untuk sekedar mencari hiburan, menambah pengetahuan, maupun menjalin hubungan sosial.

Penutup

Setelah membaca artikel diatas bisa kita simpulkan bahwa literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi. Literasi ini juga memiliki berbagai komponen seperti kemampuan teknis, pemahaman informasi dan komunikasi serta kreativitas dan lain sebagainya. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan, memperluas jaringan sosial, mempersiapkan diri menyambut dunia kerja dan menghindari kejahatan online.

Referensi:

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags