Manfaat Menjadi Pengurus OSIS Bukan Hanya Gaya-Gayaan

Jakarta, newcomerscuerna.org – Pasti banyak dari kalian yang berpikir bahwa menjadi pengurus OSIS hanyalah ajang gaya-gayaan agar terlihat keren. Namun sebenarnya ada berbagai manfaat menjadi pengurus OSIS yang akan kamu dapatkan jika bergabung dengan Organisasi Siswa intra Sekolah ini. Lalu apa manfaatnya, berikut akan kami jelaskan.

Apa itu OSIS?

OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi resmi ini ada pada setiap sekolah menengah Indonesia, baik tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama) maupun SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat.

Manfaat Menjadi Pengurus OSIS

Ada berbagai manfaat menjadi pengurus OSIS yang akan kamu rasakan jika tergabung dalam organisasi resmi sekolah ini. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Read more:  Inilah Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD SMP dan SMA!

1. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Manfaat menjadi pengurus OSIS yang pertama adalah melatih jiwa kepemimpinan. Saat menjadi pengurus OSIS maka kamu berkesempatan untuk memimpin dan mengarahkan rekan-rekan dalam berbagai kegiatan dan proyek sekolah. Dalam hal ini, kamu akan dilatih agar dapat membuat keputusan penting untuk kepentingan organisasi dan sekolah.

2. Melatih Keterampilan Berkomunikasi

Setiap pengurus OSIS nantinya akan berhadapan atau berinteraksi dengan banyak kalangan seperti guru, siswa-siswi lain, dan juga instansi tertentu. Dengan seringnya berinteraksi, maka tidak heran jika keterampilan berkomunikasi juga akan semakin baik.

Keterampilan komunikasi yang baik ini nantinya akan berguna jika kamu sudah memasuki dunia kerja. Orang dengan kemampuan komunikasi baik, biasanya memiliki relasi yang banyak. Sehingga peluang kerja juga akan semakin terbuka lebar.

3. Terampil Dalam Membuat Keputusan

Manfaat lain menjadi pengurus OSIS adalah terlatih dalam membuat keputusan. Pengurus OSIS seringkali berhadapan dengan pengambilan keputusan berbagai hal terkait dengan anggaran, kegiatan sekolah, dan kebijakan lainnya. Dari setiap proses pengambilan keputusan ini, kamu akan belajar banyak hal, menjadikannya pengalaman yang sangat berharga.

Read more:  Jangan Salah! Ini 10 Bimbel Matematika Terbaik di Indonesia

4. Tampil Lebih Percaya Diri

Seseorang yang terbiasa mengerjakan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus OSIS. Maka secara tidak langsung juga akan melatih kepercayaan diri. Perasaan ini bisa sangat berguna kelak saat kamu menghadapi berbagai situasi lingkungan kerja. 

5. Belajar Membangun Relasi

Menjadi pengurus dan ketua seksi bidang (sekbid) OSIS mengharuskan kita berinteraksi dengan berbagai pihak di sekolah, seperti siswa dari kelas dan tingkat yang berbeda, staf, dan juga guru sekolah. 

Interaksi ini berdampak positif pada pengembangan kemampuan sosial, membantu kita memahami cara membangun jaringan hubungan yang berkelanjutan di luar lingkungan sekolah.

6. Berkontribusi Terhadap Sekolah

Kamu juga harus ingat, salah satu tujuan bergabung dengan OSIS dan menjadi pengurus yang aktif adalah memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekolah. Sebab kamu dapat berperan dalam menciptakan suasana sekolah yang lebih menyenangkan.

Read more:  Digistar Internship DDB Telkom Batch Magenta Agustus 2024

7. Memahami Fungsi Peran Kelembagaan

Sebagian fungsi dari organisasi sekolah adalah untuk mempersiapkan kita untuk menghadapi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan menjadi pengurus OSIS, kita belajar tentang bagaimana berjalannya sebuah lembaga, terutama dalam bidang pendidikan, serta memahami dinamika di dalamnya. 

Dalam sekolah, kita mengamati dan berpartisipasi langsung dalam interaksi antara siswa, staf, dan guru sekolah.

Sebenarnya manfaat menjadi pengurus OSIS sangat banyak sekali. Dan manfaat tersebut bisa dirasakan oleh diri sendiri maupun pihak sekolah. Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa organisasi resmi sekolah ini bukan hanya untuk ajang gaya-gayaan namun ada manfaat tersendiri baik bagi siswa yang bergabung maupun siswa lain dan juga pihak sekolah. Jadi jika kalian berfikir negatif tentang pengurus OSIS sebaiknya hilangkan pemikiran tersebut.

Referensi:

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/sudah-memahami-apa-manfaat-menjadi-pengurus-osis#:~:text=Sebagai%20pengurus%20OSIS%2C%20kita%20dilatih,melaksanakan%20tugas%2Dtugas%20yang%20penting.

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags