Mau Kuliah di Qatar? Inilah 8 Universitas di Qatar

Universitas di Qatar
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Qatar, sebuah negara kecil di Teluk Persia, telah mengalami transformasi signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu aspek yang paling menonjol dari transformasi ini adalah perkembangan sistem pendidikan tinggi di negara ini. Qatar telah berinvestasi besar-besaran dalam pendidikan tinggi, dengan tujuan untuk menjadi pusat pendidikan dan penelitian yang terkemuka di kawasan Timur Tengah.

Sejarah Pendidikan Tinggi di Qatar

Pendidikan tinggi di Qatar dimulai pada tahun 1973 dengan didirikannya Universitas Qatar, yang merupakan universitas negeri pertama di negara ini. Sejak itu, Qatar telah mengalami perkembangan yang pesat dalam sektor pendidikan tinggi, dengan didirikannya beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi lainnya.

Universitas di Qatar

Qatar saat ini memiliki beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta. Beberapa universitas terkemuka di Qatar antara lain:

  1. Universitas Qatar: Universitas negeri pertama di Qatar, didirikan pada tahun 1973. Banyak program sarjana dan pascasarjana ditawarkan di universitas ini, termasuk seni, sains, teknik, hukum, dan kedokteran.
  2. Hamad bin Khalifa University: Universitas ini didirikan pada tahun 2010 dan menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, teknik, dan ilmu kesehatan.
  3. Qatar Aeronautical Academy: Akademi ini didirikan pada tahun 1977 dan menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang penerbangan dan teknik.
  4. Carnegie Mellon University in Qatar: Kampus cabang dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania, didirikan pada tahun 2004. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang ilmu komputer, teknik, dan bisnis.
  5. Georgetown University School of Foreign Service in Qatar: Kampus cabang dari Georgetown University di Washington, D.C., didirikan pada tahun 2005. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang ilmu politik, ekonomi, dan hubungan internasional.
  6. Northwestern University in Qatar: Kampus cabang dari Northwestern University di Evanston, Illinois, didirikan pada tahun 2008. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang jurnalisme dan komunikasi.
  7. Texas A&M University at Qatar: Kampus cabang dari Texas A&M University di College Station, Texas, didirikan pada tahun 2003. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknik dan ilmu kesehatan.
  8. Virginia Commonwealth University in Qatar: Kampus cabang dari Virginia Commonwealth University di Richmond, Virginia, didirikan pada tahun 1998. Universitas ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana dalam bidang seni dan desain.
Read more:  7 Universitas Luar Negeri Yang Terkenal

Program Studi

Universitas di Qatar menawarkan berbagai program studi dalam berbagai bidang, termasuk:

  • Seni dan humaniora
  • Sains dan teknologi
  • Teknik
  • Bisnis dan ekonomi
  • Hukum
  • Kedokteran dan ilmu kesehatan
  • Ilmu politik dan hubungan internasional
  • Jurnalisme dan komunikasi

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di universitas di Qatar bervariasi tergantung pada program studi dan universitas yang dipilih. Namun, secara umum, biaya pendidikan di Qatar relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara Barat.

Kehidupan Mahasiswa

Kehidupan mahasiswa di Qatar sangat beragam dan menarik. Mahasiswa dapat menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas, termasuk fasilitas olahraga, pusat kebugaran, dan klub-klub mahasiswa. Qatar juga memiliki berbagai tempat wisata dan budaya yang menarik, seperti Museum of Islamic Art dan Souq Waqif.

Kesimpulan

Qatar telah mengalami perkembangan yang pesat dalam sektor pendidikan tinggi, dengan didirikannya beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi yang terkemuka. Universitas di Qatar menawarkan berbagai program studi dalam berbagai bidang, dengan biaya pendidikan yang relatif lebih murah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Kehidupan mahasiswa di Qatar juga sangat beragam dan menarik, dengan berbagai fasilitas dan aktivitas yang tersedia.

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.