Perbedaan S1 dan D3 yang Harus Kamu Tahu Sebelum Kuliah

Jakarta, newcomerscuerna.org – Sebelum memilih jurusan kuliah, agar tidak salah pilih maka kamu harus tahu perbedaan S1 dan D3. Kedua program studi tersebut memang berbeda satu dan yang lainnya. Untuk itu, bagi yang belum tahu berikut akan kami jelaskan.

Apa Itu S1 dan D3?

S1 dan D3 merupakan jenjang pendidikan dalam sistem perguruan tinggi di Indonesia. S1 Sendiri merupakan singkatan dari Sarjana Strata 1, sedangkan D3 merupakan singkatan dari Diploma 3.

Untuk pemberian gelar lulusan, nantinya lulusan S1 Akan mendapat gelar Sarjana sedangkan D3 akan mendapatkan gelar Ahli Madya.

Perbedaan S1 dan D3

Ada beberapa perbedaan S1 dan D3 yang perlu untuk kamu ketahui. Apalagi bagi kamu yang ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan. Berikut beberapa perbedaan tersebut:

Read more:  Jangan Salah! Ini 10 Bimbel Matematika Terbaik di Indonesia

1. Lama Studi

Lama perkuliahan S1 biasanya berdurasi 4 tahun atau sekitar 8 semester, dengan minimal 144 SKS (Satuan Kredit Semester) yang harus diselesaikan.

Sedangkan untuk D3 waktu yang harus kamu lalui untuk menyelesaikan pendidikan adalah 3 tahun atau sekitar 6 semester, dengan minimal SKS yang harus selesai sebanyak 110-120.

2. Materi Pembelajaran

Perbedaan S1 dan D3 berikutnya terletak pada materi yang pengajarannya. Jika Sarjana lebih ke pembelajaran teori, sebaliknya pada jenjang D3 kamu berfokus pada praktik. Sedangkan, materi yang diberikan pada jenjang Sarjana cenderung lebih luas apabila dibandingkan dengan Diploma yang hanya fokus pada satu bidang tertentu.

Oleh karena itu, menjadi mahasiswa S1 artinya kamu harus rajin-rajin membaca dan sanggup untuk duduk belajar berlama-lama. Apalagi, pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa S1 wajib menyusun skripsi yang membutuhkan keterampilan literasi cukup baik.

Read more:  Jurusan Teknik Informatika Belajar Apa? Ini Jawabannya!

3. Prospek Kerja

Mahasiswa jenjang S1 umumnya memiliki prospek karir yang lebih luas dan dapat melamar pekerjaan berbagai posisi yang membutuhkan gelar Sarjana. Lulusan S1 juga berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 dan S3.

Sementara D3 biasanya langsung bekerja sesuai bidang jurusan yang telah diambil. Namun, lulusan D3 juga dapat melanjutkan ke S1 melalui program alih jenjang.

4. Biaya Kuliah

Perbedaan Sarjana dan D3 selanjutnya terletak pada biaya kuliah. Umumnya biaya D3 lebih besar dari S1,  hal ini karena jika kamu mengambil jenjang studi D3 maka membutuhkan berbagai alat praktek, seperti peralatan laboratorium dan lain sebagainya.

5. Gelar yang Diperoleh

Setelah kamu menyelesaikan bidang studi dari perkuliahan, lulusan Diploma biasanya mendapat gelar Ahli Madya (A.Md), berbeda dengan Sarjana yang kan mendapat gelar Sarjana. Misalnya, jika kamu berkuliah Jurusan Manajemen Pemasaran D3, maka gelar yang akan kamu dapat adalah Ahli Madya Manajemen (A.Md.M). 

Read more:  Laporan Magang Mahasiswa Beserta Contohnya!

Sementara, jika kamu mengambil S1 Manajemen, gelar yang akan kamu dapat adalah Sarjana Manajemen (S.M).

Pilih Sarjana Atau Diploma?

Sebenarnya kedua program studi baik Sarjana dan Diploma sama-sama baik untuk kamu ambil. Namun itu semua juga tergantung kebutuhan. Jika kamu ingin langsung mendapatkan pekerjaan, maka kami sarankan mengambil D3, sebaliknya jika kamu ingin memiliki peluang kerja yang luas maka ambilah bidang studi Sarjana.

Setelah membaca artikel ini, sekarang kamu jadi tahu perbedaan S1 dan D3. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, kami harap Kamu tidak salah dalam memilih program studi. Namun pada dasarnya, S1 maupun S3 sama-sama memiliki peluang kerja yang besar nantinya jika lulus. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat!

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-pilih-kuliah-d3-atau-s1/amp

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags