Sejarah Pramuka Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

sejarah-pramuka-indonesia-yang-perlu-kamu-ketahui
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Bagi kalian yang pernah bersekolah formal, baik itu SD, SMP, maupun SMA pasti tidak asing dengan pramuka. Sebab mulai dari dulu hingga sekarang, pelajaran ini wajib diikuti oleh para siswa. Tapi, meskipun begitu tahukah kamu sejarah pramuka Indonesia? 

Bagi yang belum tahu, berikut akan kami bahas. Namun sebelum membahasnya, kita kenalan lebih dekat terlebih dahulu yuk dengan apa itu pramuka.

Pengertian Pramuka

Praja Muda Karana atau yang biasa kita sebut dengan pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal. Organisasi ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dan membentuk karakter generasi muda melalui kegiatan luar sekolah.

Kegiatan dalam pramuka berisikan pelajaran, pelatihan dan kegiatan yang berlandaskan pada Undang-undang Dasar dan juga Pancasila. Itulah alasan kenapa pramuka terbuka untuk dan bisa diikuti semua kalangan.

Read more:  Contoh Surat Pernyataan Orang Tua Tentang Kebenaran Data Siswa

Sejarah Pramuka Indonesia

Sejarah pramuka Indonesia mengalami perjalanan yang panjang dari waktu ke waktu. Organisasi ini berdiri pada tanggal 14 Agustus 1961 di Indonesia. Namun banyak yang menyebut bahwa sebenarnya organisasi ini sudah ada mulai abad ke-20, tepatnya ketika Gerakan Kepanduan Inggris pada tahun 1907 dan pencetusnya adalah Robert Baden-Powell.

Kemudian pada tahun 1912, organisasi ini diperkenalkan ke Indonesia oleh orang Belanda bernama JHR. Van der Bosch. Pada masa itu, peserta Gerakan Kepaduan juga terbatas dan hanya boleh diikuti oleh orang Belanda kelas atas dan pribumi berpendidikan saja.

Dari waktu ke waktu gerakan ini berkembang pesat sehingga berubah nama menjadi Gerakan Pramuka (Pengembara Muda). Tahun selanjutnya yaitu pada 1927, pramuka Indonesia resmi diakui oleh pemerintah kolonial Belanda.

Pada masa itu, pemimpin pramuka masih berasal dari orang Belanda. Tapi kemudian pada tahun 1940, rakyat Indonesia yang tergabung dalam pramuka memilih untuk membentuk organisasi mandiri. Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, pemerintah juga mengakui organisasi ini secara resmi.

Read more:  Jurusan Teknik Informatika Belajar Apa? Ini Jawabannya!

Setelah itu pada tahun 1961 , organisasi ini berganti nama lagi menjadi Gerakan Pramuka Indonesia. Hingga kini, pramuka sudah berkembang pesat, tercatat anggota mencapai angka 21 juta orang mulai dari berbagai umur dan kalangan masyarakat.

Kapan Hari Pramuka?

Hari pramuka Indonesia dirayakan setiap tanggal 14 Agustus. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas peresmian organisasi ini pada tahun 1961 silam. Pada hari tersebut, masyarakat Indonesia juga menjadikan momen pengukuhan semangat kepramukaan sehubungan perannya dalam membentuk karakter bangsa.

Tingkatan Pramuka Indonesia

Dari penjelasan sebelumnya, kini kami sudah tahu sejarah pramuka Indonesia bukan? Lalu tahukah kamu ada berapa tingkatan dalam organisasi ini? Jika belum berikut penjelasannya:

1. Siaga

Tingkatan siaga khusus untuk anak yang berada dalam cakupan usia 7-10 tahun, setara SD kelas 1-3:

  • Siaga Mula
  • Siaga Bantu
  • Siaga Tata
Read more:  Kamu Mahasiswa dan Ingin Sewa Laptop? Ini Daftar Harganya!

2. Penggalang

Tingkatan ini khusus untuk anak usia 11-15 tahun, setara SD kelas 4 hingga SMP kelas 9:

  • Penggalang Ramu
  • Penggalang Rakit
  • Penggalang Terap

3. Penegak 

Tingkatan ini beranggotakan remaja dengan rentang umur 16-20 tahun, setara SMA:

  • Penegak Bantara
  • Penegak Laksana

4. Pandega 

Untuk tingkatan pandega sendiri untuk pemuda usia 21-25 tahun, setara perguruan tinggi

5. Pembina Pramuka 

Pembina pramuka diperuntukkan bagi orang dewasa yang menjadi pembina atau pelatih dalam kepramukaan.

Setiap tingkatan ini memiliki materi dan kegiatan berbeda sesuai dengan perkembangan usia dan kemampuan anggota pramuka.

Penutup

Nah dari pembahasan ini sekarang kamu sudah tahu bukan, sejarah pramuka Indonesia serta berbagai tingkatannya? Lalu apakah kamu tergabung dalam organisasi ini? Yuk tulis pendapatmu tentang pramuka dalam kolom komentar di bawah.

Referensi:

https://e-ujian.id/pramuka-pengertian-sejarah-tingkatan-dan-penjelasan-detail-lainnya

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags