Universitas dan Perguruan Tinggi di Purwakarta

Universitas di Purwakarta
Source Image: Canva.com

Jakarta, newcomerscuerna.org – Purwakarta, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, memiliki beberapa pilihan perguruan tinggi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Meskipun tidak sebanyak kota-kota besar lainnya, Purwakarta menawarkan beberapa opsi menarik baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Berikut adalah daftar dan informasi tentang universitas dan perguruan tinggi di Purwakarta:

Perguruan Tinggi Negeri

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta

UPI Kampus Purwakarta merupakan salah satu kampus daerah UPI yang menawarkan berbagai program studi di bidang pendidikan dan teknologi. Dengan fokus pada pendidikan guru dan program studi teknologi modern, kampus ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan industri.

UPI Kampus Purwakarta menawarkan 5 jurusan:

  • Pendidikan Guru SD (PGSD) – S1
  • Pendidikan Guru PAUD (PGPAUD) – S1
  • Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Sistem Telekomunikasi – S1
  • Mekatronika dan Kecerdasan Buatan – S1 (jurusan terbaru)
  • PGSD Kampus Purwakarta – S1 (Akreditasi Unggul)

Perguruan Tinggi Swasta

1. Universitas Kartamulia

Universitas Kartamulia Purwakarta, meskipun tergolong universitas baru (berdiri sejak 2019), telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi calon mahasiswa di Jawa Barat. Dengan fokus pada berbagai bidang studi yang relevan dengan kebutuhan industri modern, universitas ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0.

Read more:  Mau Kuliah di BSD? Inilah 7 Universitas di BSD

Universitas Kartamulia memiliki 5 fakultas dengan program studi sebagai berikut:

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Akuntansi (S1), Manajemen (S1)
  • Fakultas Hukum: Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Ilmu Keolahragaan (S1)
  • Fakultas Teknologi Informasi: Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1)
  • Fakultas Farmasi: Farmasi (S1)

2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dr. KH. Ez Muttaqien

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dr. KH. Ez Muttaqien adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. STIE Dr. KH. Ez Muttaqien perguruan tinggi swasta yang fokus pada bidang ekonomi. STIE Dr. KH. Ez Muttaqien menawarkan berbagai program studi di bidang ekonomi dan bisnis, termasuk manajemen, akuntansi, dan keuangan.

STIE Dr. KH. Ez Muttaqien terus berusaha untuk menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dengan fokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan mahasiswa. Dengan sejarah yang cukup panjang sejak 2001, institusi ini telah berkontribusi signifikan dalam pendidikan tinggi di bidang ekonomi dan bisnis di wilayah Purwakarta.

3. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Purwakarta

STKIP Purwakarta merupakan perguruan tinggi swasta yang berfokus pada bidang keguruan dan ilmu pendidikan. STKIP Purwakarta, meskipun tergolong institusi yang relatif baru (berdiri sejak 2013), terus berupaya memberikan pendidikan berkualitas di bidang keguruan dan ilmu pendidikan. Dengan akreditasi institusi “Baik” dan tiga program studi yang ditawarkan, STKIP Purwakarta menjadi salah satu pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi di bidang keguruan di wilayah Purwakarta dan sekitarnya.

Read more:  Perbedaan Utama Antara Institut dan Universitas

STKIP Purwakarta menawarkan 3 program studi tingkat S1, yaitu:

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Akreditasi C)
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Akreditasi C)
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Akreditasi C)

4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Indonesia Purwakarta (STIES)

STIES Purwakarta adalah perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi B. STIES Indonesia Purwakarta menawarkan pendidikan tinggi di bidang ekonomi dan keuangan syariah dengan biaya yang terjangkau. Dengan akreditasi institusi B dan fokus pada bidang yang semakin relevan di Indonesia, STIES Indonesia Purwakarta menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa yang tertarik pada ekonomi syariah di wilayah Purwakarta dan sekitarnya.

Institusi ini berpotensi untuk terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan akan profesional di bidang ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Kampus ini menawarkan biaya kuliah yang terjangkau mulai dari Rp 600.000 per bulan.

STIES Indonesia Purwakarta menawarkan program studi:

  • S1 Ekonomi Syariah (Akreditasi B)
  • S1 Perbankan Syariah (Akreditasi C)

5. Politeknik Enjinering Indorama (PEI)

PEI merupakan politeknik yang fokus pada pendidikan vokasi di bidang teknik, dengan tujuan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan industri dan dunia kerja. Meskipun tergolong baru, PEI telah memposisikan diri sebagai salah satu pilihan perguruan tinggi terkemuka di Purwakarta dengan fasilitas modern dan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri. Kampus ini dibangun di atas lahan hijau seluas 6 hektar dan menawarkan program D3 untuk jurusan:

  • Teknologi Listrik
  • Mekatronika
  • Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknologi Mesin
Read more:  Calon Mahasiswa, Inilah Profil Fakultas Hukum UI!

PEI memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan vokasi kelas dunia dan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja bahkan sebelum wisuda.

6. Akademi Keperawatan RS Efarina

Akademi Keperawatan RS Efarina menawarkan program D3 Keperawatan. Saat ini, pengelolaan akademi ini telah beralih ke RS Siloam Purwakarta. Akademi Keperawatan RS Efarina merupakan institusi pendidikan yang fokus pada bidang keperawatan di Purwakarta. Dengan fasilitas dan layanan yang disediakan, akademi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan keperawatan yang berkualitas dan siap mengabdi di bidang kesehatan.

7. Politeknik Perdana Mandiri

Politeknik Perdana Mandiri didirikan pada 9 Juli 2003 dan dikelola oleh Yayasan Swakarsa Karya Mandiri. Politeknik Perdana Mandiri merupakan institusi pendidikan tinggi vokasi yang fokus pada bidang teknologi informasi dan administrasi bisnis. Dengan akreditasi institusi “Baik” dan lokasi strategis di Purwakarta, politeknik ini menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan vokasi di wilayah Purwakarta dan sekitarnya. Institusi ini terus berupaya menghasilkan lulusan yang siap kerja dan memiliki keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri. Kampus ini menawarkan tiga jurusan:

  • Teknik Elektro
  • Administrasi Bisnis
  • Manajemen Informatika

Kesimpulan

Meskipun tidak sebanyak kota-kota besar lainnya, Purwakarta menawarkan beberapa pilihan perguruan tinggi yang menarik bagi calon mahasiswa. Mulai dari universitas umum hingga sekolah tinggi dan politeknik dengan fokus spesifik, calon mahasiswa memiliki berbagai pilihan sesuai dengan minat dan tujuan karir mereka.

Penting bagi calon mahasiswa untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti akreditasi, biaya kuliah, fasilitas, dan prospek karir saat memilih perguruan tinggi di Purwakarta. Dengan pemilihan yang tepat, mahasiswa dapat memperoleh pendidikan berkualitas yang akan membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan.

Referensi

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.