Jurusan Akuntansi: Yang Dipelajari Dan Prospek Kerjanya

Jakarta, newcomerscuerna.org – Bagi kalian yang Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan dan mengambil jurusan akuntansi? Maka sebelum mendaftar wajib tahu dulu apa saja yang nantinya kamu pelajari dan bagaimana prospek kerjanya jika mengambil jurusan ini. Agar nantinya kamu tidak menyesal karena salah jurusan.

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Jurusan Akuntansi adalah salah satu bidang studi perguruan tinggi yang mempelajari tentang pengukuran, pengungkapan, dan analisis informasi keuangan. Fokus utamanya adalah pada pengelolaan dan pelaporan keuangan untuk tujuan pengambilan keputusan ekonomi. 

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari konsep dasar akuntansi, seperti pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan keuangan, audit, perpajakan, dan analisis keuangan.

Read more:  Inilah 7 Syarat Masuk SMK Penerbangan

Jurusan Akuntansi Mempelajari Apa?

Karena fokus jurusan akuntansi adalah membuat laporan keuangan. Maka hal-hal yang kamu pelajari nantinya jika mengambil bidang studi ini juga berkaitan dengan pelaporan keuangan seperti:

  • Akuntansi bisnis 
  • Akuntansi perpajakan 
  • Sistem informasi akuntansi 
  • Literasi data 
  • Akuntansi keuangan 
  • Literasi teknologi 
  • Akuntansi manajemen 
  • Analisis laporan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan 
  • Kewirausahaan

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Kamu tidak perlu khawatir untuk masalah prospek kerja jika mengambil jurusan akuntansi. Sebab nantinya kamu bisa terjun ke berbagai bidang , seperti:

1. Akuntan

Setelah menyelesaikan studi di ini, kamu memiliki peluang untuk berbagai jenis pekerjaan, seperti menjadi seorang Akuntan. Jika kamu bekerja pada bidang ini, maka tugas utamanya adalah memeriksa, menyusun, dan memastikan keuangan perusahaan terkelola dengan benar. 

Kamu juga akan diminta memberikan saran dan rekomendasi kepada manajemen perusahaan tentang kebijakan keuangan dan cara mengelola risiko.

Read more:  Laporan Magang Mahasiswa Beserta Contohnya!

2. Internal Auditor

Tugas utama Internal Auditor adalah melakukan audit internal agar perusahaan berjalan sesuai kebijakan dan prosedur yang berlaku, serta meningkatkan efisiensi operasional.

3. Akuntan Pemerintah

Bekerja pada lembaga pemerintah untuk mengelola dan mengawasi keuangan publik demi terciptanya kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

4. Analis Keuangan

Kamu juga bisa menjadi Analis Keuangan jika lulus dari jurusan akuntansi. Tugasnya adalah menganalisis laporan keuangan untuk memberikan informasi yang mendukung pengambilan keputusan investasi dan strategi bisnis.

5. Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Untuk bidang ini, kamu bisa bekerja sebagai dosen atau instruktur dalam pendidikan tinggi atau lembaga pelatihan untuk mengajarkan akuntansi dan keuangan kepada siswa.

6. Bidang Teknologi Keuangan (FinTech)

Tugas utama jika kamu bekerja dalam bidang ini adalah terlibat dalam pengembangan teknologi keuangan, seperti aplikasi perangkat lunak akuntansi atau platform analisis keuangan.

Read more:  10 Pekerjaan Online untuk Mahasiswa!

7. Konsultan Pajak

Menjadi seorang konsultan pajak merupakan karier yang menjanjikan bagi lulusan Akuntansi. Tugas utamanya adalah membantu klien memenuhi kewajiban pajak dan mengoptimalkan penghematan pajak. 

Sebagai konsultan, kamu akan memberikan saran dan konsultasi tentang masalah pajak kepada klien, sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah pajak mereka dengan efisien dan efektif.

8. Admin Perusahaan

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga Admin dari jurusan akuntansi. Sebab, perusahaan menilai bahwa lulusan dari jurusan ini sangat teliti dalam bekerja. 

Sebenarnya masih banyak lagi bidang pekerjaan yang bisa kamu lamar jika mengambil jurusan ini. Sebab jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat luas. 

Nah sampai disini dulu pembahasan kita mengenai jurusan akuntansi mempelajari apa dan bagaimana prospek kerjanya. Jika kamu mengambil jurusan ini, maka mantinya pekerjaanmu akan berhubungan dengan dunia keuangan. Untuk itu, jurusan ini sangat cocok bagi orang yang suka ketelitian dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Referensi:

https://telkomuniversity.ac.id/apa-itu-jurusan-akuntansi-hal-yang-dipelajari-serta-prospek-kerjanya

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.