Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Salah

tips-memilih-jurusan-kuliah
tips-memilih-jurusan-kuliah

Jakarta, newcomerscuerna.org – Momok yang menakutkan bagi mahasiswa adalah ketika salah memilih jurusan kuliah. Alhasil perkuliahan tidak akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan wajib tahu tips memilih jurusan kuliah berikut. Agar nantinya, studi bisa kamu selesaikan dengan lancar.

Apa Itu Jurusan Kuliah?

Jurusan kuliah adalah bidang studi khusus yang harus kamu pilih selama menempuh masa pendidikan perguruan tinggi. Bidang studi ini menentukan mata kuliah yang akan kamu ambil dan pengetahuan serta keterampilan yang akan kamu peroleh selama kuliah. 

Jurusan kuliah mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti sains, teknologi, seni, bisnis, dan banyak lagi. Pilihan jurusan ini biasanya sesuai dengan minat dan tujuan karir mahasiswa.

Read more:  Format Absen Siswa: Panduan Lengkap

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, salah dalam memilih jurusan akan menjadikan momok menakutkan. Sebab perkuliahan akan terasa sangat membosankan karena tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Untuk itu, berikut beberapa tips memilih jurusan kuliah yang bisa kamu ikuti:

1. Pilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Tips pertama agar tidak salah dalam memilih jurusan kuliah, maka harus tahu apa minat dan bakat yang kamu miliki. Misalnya saja jika kamu suka sesuatu yang berhubungan dengan komputer, maka bisa masuk jurusan Informatika maupun Sistem Informatika.

Begitu juga halnya jika minatmu lebih besar pada dunia bisnis. Maka kamu bisa mengambil jurusan manajemen atau ilmu ekonomi lainnya. Jangan lantas kamu masuk ke jurusan lain karena hanya ikut-ikutan teman.

2. Lakukan Riset

Saat ingin memilih jurusan biasanya kamu akan berhadapan dengan banyaknya pilihan. Jika memang minatmu tidak hanya satu jurusan saja, maka kamu bisa mulai melakukan riset. Cari tahu terlebih dahulu, mana jurusan yang sekiranya benar-benar kamu minati dan memiliki prospek kerja yang luas.

Read more:  Download Buku Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi PDF

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencatat jurusan apa saja yang ingin kamu pilih. Kemudian bandingkan tiap jurusan yang ada, mulai dari apa saja yang akan kamu pelajari, bagaimana prospek kerja jika nanti lulus, dan cari tahu karir alumninya jika memang memungkinkan.

3. Minta Saran Pada Orang yang Berpengalaman

Jika dirasa riset yang kamu lakukan mengalami jalan buntu. Maka mintalah saran pada orang yang berpengalaman seperti guru mu saat masih di sekolah menengah atas. Atau kamu bisa juga bertanya pada alumni yang lebih dulu pernah kuliah pada tiap jurusan yang kamu ambil.

Dengan begitu, maka sedikit demi sedikit keraguanmu akan terjawab. Sehingga nantinya bisa memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat, bakat, dan juga keinginanmu.

4. Pahami Konsekuensi 

Kamu harus paham jika tidak ada perkuliahan yang murni sangat menguntungkan. Pasti dalam setiap jurusan ada kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja jika kamu mengambil perkuliahan A sesuai dengan minat tapi prospek kerjanya tidak luas.

Read more:  Inilah Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SD SMP dan SMA!

Sedangkan jika kamu memilih jurusan kuliah B prospek kerjanya luas, tapi tidak sesuai hati nurani. Intinya sebaik apapun jurusan yang kita ambil pasti ada kekurangannya. Untuk itu kamu perlu paham konsekuensi yang nantinya terjadi jika memilih salah satu mata perkuliahan tersebut.

Dari penjelasan tips memilih jurusan kuliah tadi, seharusnya kamu sudah tahu langkah apa yang nantinya perlu kamu lakukan agar tidak salah dalam memilih jurusan. Ingat, memilih jurusan adalah langkah yang sangat penting. Untuk itu pilih yang sesuai dengan hati nurani dan jangan karena hanya sekedar ikut-ikutan saja.

Referensi:

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/tips-memilih-jurusan-kuliah-generasi-z

Also Read

Bagikan:

Newcomerscuerna

Newcomerscuerna.org adalah website yang dirancang sebagai Rumah Pendidikan yang berfokus memberikan informasi seputar Dunia Pendidikan. Newcomerscuerna.org berkomitmen untuk menjadi sahabat setia dalam perjalanan pendidikan Anda, membuka pintu menuju dunia pengetahuan tanpa batas serta menjadi bagian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tags